Dinkes Cimahi: Ada 14 Kasus Covid-19 pada Desember 2023

JABAR EKSPRES – Sepanjang Desember 2023, tercatat ada 14 kasus Covid-19 di Kota Cimahi. Sehingga jumlah total kasus selama tahun 2023 mencapai 86, dengan 72 kasus yang terjadi sepanjang periode Januari hingga November.

Meskipun begitu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Cimahi pada tahun 2022 dan 2023 menunjukkan penurunan yang signifikan, terutama pada tahun 2023 yang mengalami penurunan lebih lanjut.

“Itu semua terdeteksi di rumah sakit, ada dari beberapa rumah sakit di Kota Cimahi, dari data laporan surveilans kepada kita dan tercatat di dalam record itu ada 14 kasus,” ungkap Bidang

Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, dr. Dwihadi Isnalini saat ditemui Jabar Ekspres, Kamis 28 Desember 2023 di kantor Dinkes Cimahi.

Menurut Dwihadi, dari 14 kasus yang terdeteksi Covid-19, satu diantaranya dinyatakan sembuh. Ia menambahkan gejala yang timbul hampir sama dengan influenza.

“Satu kasus sudah sembuh, memang pasien Covid-19 sekarang hampir sama dengan gejala flu saja karena saat ini kita juga sudah endemi,” jelasnya.

“Jadi bila ada gejala-gejala tetap ada pemantauan di rumah sakitnya,” tambahnya.

Menurutnya, sejumlah pasien yang datang ke rumah sakit dengan pemeriksaan terdapat beberapa yang terdeteksi Covid-19.

“Biasanya orang datang ke rumah sakit itu bukan karena Covid-19 nya, tapi karena ada penyakit lain begitu dilakukan pemeriksaan PCR, baru terdeteksi ada Covid-19 nya,” kata Dwihadi.

Hingga saat ini, dinas kesehatan terus mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada selama libur, dengan menghindari kerumunan dan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti penggunaan masker.

Saat disinggung mengenai pemeriksaan Covid-19, Dwihadi menuturkan untuk puskesmas belum dilakukan pemeriksaan SWAB atau PCR karena kekurangan bahan.

“Kalau untuk di rumah sakit masih dilakukan pengecekan, jadi masih terdeteksi kalau ada kasus-kasus (Covid-19) seperti itu,” jelas Dwihadi.

Untuk bulan Desember 2023 ada 14 kasus, tapi kalau terhitung dari bulan Januari sampai November 2023, ada 72 kasus jadi totalnya 86 kasus Covid-19 keseluruhan selama tahun 2023.

Himbauan menjelang tahun baru, kalau memang bisa menghindari kerumunan ya dihindari, tapi kalau memang tetap akan beraktivitas disarankan untuk menggunakan masker. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan