Perketat Pengawasan Prokes, Polisi Gencarkan Razia di Keramaian

NGAMPRAH – Jajaran personel Polres Cimahi terus menggencarkan sosialisasi pengetatan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan patroli dan razia masker di sejumlah pusat keramaian di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kapolres Cimahi, AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki mengatakan sosialisasi penting dilakukan mengingat belakangan masyarakat agak longgar dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Protokol kesehatan ini harus dilakukan seluruh pengunjung maupun karyawan yang berada di luar, di toko, di tempat keramaian, dan sebagainya,” ungkap Yoris, Senin (21/9).

Namun pihaknya tidak akan melakukan penjagaan di perbatasan KBB dari arah selatan yang berbatasan dengan Cianjur dan Purwakarta, maupun dari utara yang berbatasan dengan Subang.

“Tidak ada penjagaan perbatasan, kita lakukan sosialisasi saja. Karena KBB sendiri kan tidak menerapkan PSBB atau PSBM, hanya meminta masyarakat disiplin,” bebernya.

Sejauh ini, Yoris menilai, kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan sudah terbilang cukup baik. Meski begitu, masih ada saja warga yang tidak disiplin memakai masker.

“Kami mencatat beberapa orang yang tidak disiplin, selama ini hanya melakukan pencatatan dan peneguran saja karena tidak ada aturan denda materi juga,” ucapnya.

Upaya pencegahan meluasnya penyebaran wabah Covid-19 juga dilaksanakan oleh Satpol PP Kabupaten Bandung Barat dengan menggencarkan pemantauan dan pengawasan aktivitas masyarakat.

Pemantauan dan pengawasan tersebut menindaklanjuti imbauan social distancing di pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan fasilitas publik lainnya yang menjadi tempat berkumpulnya massa dalam jumlah banyak.

Menggunakan truk berpengeras suara, Satpol PP KBB menyusuri jalan-jalan arteri hingga ke permukiman masyarakat mengimbau masyarakat tak bepergian jika tidak mendesak.

“Kami melakukan pemantauan dan pengawasan, tapi lebih utamanya mengimbau masyarakat agar tetap di rumah selama Covid-19 mewabah. Ini sesuai instruksi kepala daerah juga,” ujar Kepala Satpol PP Kabupaten Bandung Barat, Rini Sartika. (mg6/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan