Peran Pamong Saka Bhayangkara Polres Cimahi dalam Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2024

JABAR EKSPRES – Pamong Saka Pramuka Bhayangkara Polres Cimahi turut berperan dalam pengamanan arus mudik Lebaran 2024. Mereka mengawasi dan menertibkan masyarakat serta para pemudik.

Pamong Saka Bhayangkara Polres Cimahi, Endang Ahmad mengatakan pihaknya turut serta dalam pengaturan keamanan, ketertiban, dan kelancaran jalannya PAM Ketupat Lodaya 2024.

“Tugas dari Bhayangkara sendiri adalah salah satunya membantu ketertiban dan kelancaran jalan. Selain itu juga ada yang membantu ketertiban masyarakat, selain itu juga membantu hal-hal yang berkaitan dengan teknis PAM Ketupat Lodaya 2024,” ucapnya pada Jabar Ekspress saat ditemui di Posko Pengamanan Pamong Saka Bhayangkara, Jumat 12 April 2024.

BACA JUGA: Ketua DPRD Minta Jangan Ada Pungli di Tempat Wisata Bogor

Endang menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD, KIC, Polisi Pamong Praja, serta unit-unit lainnya, seperti Palang Merah Indonesia (PMI) dan ambulance 119.

“Koordinasi ini memastikan respons cepat dan koordinasi yang baik antar lembaga. Setiap pihak memiliki peran khusus dalam menangani berbagai aspek darurat, mulai dari evakuasi, pelayanan medis, hingga logistik,” paparnya.

Siswa sekolah dari Saka Bhayangkara turut berpartisipasi dalam pengaplikasian materi keamanan yang telah diajarkan oleh instruktur dan Pamong di Polres Cimahi.

BACA JUGA: Bank Emok Masih Meresahkan Warga di Cangkuang Bandung

“Usia penegak rata-rata usia Sekolah Menengah Atas dan Universitas, untuk anggota di Cimahi sendiri 20 orang,” kata Endang.

Ditempat yang sama, Koordinator Posyan PAM Ketupat Lodaya, Badri Khamal (18) memiliki motivasi yang kuat untuk melayani dan berkontribusi pada masyarakat setempat demi kebaikan bersama.

“Motivasi saya itu berani melakukan sesuatu untuk kebaikan masyarakat sekitar,” ucapnya dengan tegas.

Selain itu, Badri telah meniti perjalanan dari tingkat Siaga saat SD, kemudian melanjutkan ke tingkat Penggalang saat SMP, dan kini mencapai tingkat Penegak di SMA, kini aktif dalam kegiatan di Polres Cimahi.

BACA JUGA: Kawasan Puncak Diguyur Hujan, Pengendara Diminta Hati-hati

“Saya selalu tertarik dengan nilai-nilai dan kegiatan yang diajarkan dalam Pramuka, seperti kedisiplinan, kepemimpinan, dan kegiatan sosial,” ucapnya.

Saat ditanya terkait seleksi, Badri menjelaskan, seleksi itu meliputi berbagai tahapan, seperti pelatihan dan pengujian. Proses ini mencakup pertanyaan yang umumnya diajukan dalam pengukuhan kandidat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan