Raih Nilai 99,99, Keterbukaan Tata Kelola Keuangan Polres Cimahi Peringkat Satu Satker Terbaik IKPA 2023

JABAR EKSPRES – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bandung I memberikan penghargaan kepada Polres Cimahi atas Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) terbaik 2023.

Polres Cimahi menjadi peringkat satu Satker (satuan kerja) terbaik kriteria alokasi Pagu DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) di atas Rp35 miliar dengan nilai 99,99.

Penghargaan diterima langsung oleh Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono, S.H.,S.I.K.,M.H. di Auditorium Gedung Keuangan Negara Bandung, Jalan Asia Afrika 114 Kota Bandung, Rabu (28/2).

Alhamdulillah Polres Cimahi mendapat penghargaan peringkat satu dari KPPN Bandung I, terkait tata kelola keuangan. Penghargaan ini menjadi tahun kedua secara berturut-turut kita mendapatkannya,” ungkap Aldi.

Aldi menilai, selain kesepakatan bersama untuk juara, konsistensi melaksanakan kesepakatan juga menjadi salah satu kunci keberhasilan Polres Cimahi mempertahankan penghargaan dari KPPN Bandung I.

”Kita konsiten melaksanakan kesepakatan, konsiten melaksanakan agreement. Kita juga untuk juara. Sehingga ketika sudah bersepakat maka akan ada parameter-parameter yang dilakukan. Termasuk komitmen, konsisten dan pengawasan melekat,” ujarnya.

”Kita bersama-sama (berespakat) melakukan tata kelola keuangan yang baik,” imbuhnya.

Aldi pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajarannya yang telah saling mendukung dalam bekerja, sehingga Polres Cimahi kembali mendapat penghargaan peringkat satu terbaik kriteria alokasi Pagu DIPA di atas Rp35 miliar.

”Penghargaan adalah suatu bonus. Prinsip utamanya adalah bagaimana menata keuangan dengan baik, sehingga kegiatan-kegiatan yang ada berjalan sesuai dengan perencanaan,” terangnya.

Aldi menjelaskan, kunci utama dalam bekerja adalah transparansi. Pasalnya, jika tata kelola keuangan tidak transparan, maka akan berpengaruh kepada motivasi kinerja anggota. Sehingga, ketika tata kelola keuangan transparan maka akan berdampak positif kepada kinerja anggota.

”Ini dapat dirasakan pada hari ini, bagaimana masyarakat Cimahi dan Bandung Barat melihat kinerja kita. Kita bisa melihat juga di media sosial bahwa hari ini masyarakat sangat mengapresiasi kinerja Polres Cimahi,” jelasnya.

Kendati banyak masyarakat yang puas dengan kinerja Polres Cimahi, namun Aldi tak ingin jumawa dan tak ingin terlalu bereuforia, melainkan kepuasan masyarakat dan penghargaan yang diperoleh harus dijadikan acuan dan motivasi kinerja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan