Pemain dan Pelatih Bola Satukan Misi Perangi Covid-19

JAKARTA – Mega bintang Cristiano Ronaldo mendonasikan uang senilai 1 juta Euro atau sekitar Rp 17,7 miliar, untuk membantu melawan virus korona atau COVID-19.

Striker Juventus itu bersama sang agen Jorge Mendes mengalokasikan dana tersebut ke tiga unit perawatan intensif (ICU) di kampung halamannya di Portugal.

Sumbangan tersebut diketahui akan digunakan untuk membeli peralatan-peralatan penting untuk ICU di Rumah Sakit Santa Maria (Lisbon) dan Rumah Sakit Santo Antonio (Porto). ”Jorge Mendes menghubungi kami, yang mengajukan diri mendanai dua unit perawatan intensif bagi pasien yang sakit kritis Covid-19 bersama Cristiano Ronaldo,” tutur Direktur Rumah Sakit Santa Maria, Daniel Ferro seperti dikutip Goal.

Sementara Direktur Rumah Sakit Santo Antonio, Paulo Barbosa mengungkapkan, kontribusi Ronaldo dan Mendes membantu pihaknya membuka 15 tempat tidur perawatan intensif, dilengkapi dengan kipas, monitor, dan peralatan lainnya.

“Centro Hospitalar Universitario do Porto berterima kasih kepada Cristiano Ronaldo dan Jorge Mendes atas inisiatif yang sangat berguna ini, pada saat negara sangat membutuhkan semua orang,” terang Barbosa.

Di tempat terpisah, kapten Barcelona Lionel Messi turut beraksi dalam perjuangan warga Barcelona menghadapi serangan Covid-19. La Pulga, julukan Messi mengaku bantuan ini untuk menunjang kerja tim medis di Kawasan Catalunya, Spanyol tersebut. Yang penting dia bisa membantu warga Barcelona Filipina melewati masa sulit saat pandemi virus korona baru.

Hingga kemarin, tercatat sudah ada 9,937 kasus Covid-19 di Barcelona, 516 di antaranya meninggal dunia. Katalunya merupakan komuniti (provinsi) kedua terparah di Spanyol setelah Madrid. Pria yang bomber Timnas Argentina itu telah menyumbangkan dana sebesar EUR 1 juta atau sekira Rp17 miliar tepatnya untuk membantu memerangi virus corona. Jumlah ini merupakan sedikitnya gajinya untuk pendanaan Hospital Clinic, suatu rumah sakit milik Universitas Barcelona di Catalunya. ”Terima kasih banyak Leo (sapaan akrab Lionel Messi), atas komitmen dan dukungannya,” tulis Hospital Clinic dalam postingan Twitter-nya, kemarin.

Jumlah bantuan yang sama juga diberikan Pelatih Manchester City, Joseph “Pep” Guardiola. Ia telah membantu pengadaan alat kesehatan dalam upaya memerangi pandemi global virus korona (Covid-19) yang dialami negara asalnya, Spanyol. Sumbangan mantan pemain dan manajer Barcelona diberikan kepada Yayasan Angel Soler Daniel dan Kampus Kesehatan Barcelona.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan