Opsi PSSI Lanjutkan Liga 1 pada September 2020

BANDUNG-Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menilai tidak ada yang bisa memprediksi nasib kompetisi musim 2020 yang masih ditangguhkan imbas pandemi virus korona. Namun dari lubuk hati terdalam, pelatih berkebangsaan Belanda itu sangat mengharapkan Liga 1 2020 kembali bergulir.

Di sisi lain,  PSSI memberikan sejumlah opsi untuk nasib kompetisi, di antaranya melanjutkan kompetisi pada September mendatang, opsi untuk menghentikan kompetisi dan menggantinya dengan turnamen, atau kompetisi dihentikan total, dan akan digelar kompetisi musim baru 2020-2021.
Saat disinggung beberapa opsi yang diajukan PSSI dan PT LIB, Robert pun telah memiliki pilihan. Dari ketiga opsi tersebut, Robert dengan tegas lebih memilih opsi untuk melanjutkan kompetisi.  Robert menilai, idealnya kompetisi bisa kembali dilanjutkan pada Agustus 2020 dan berakhir pada April atau Mei 2021. Hal ini sesuai dengan kalender Liga Eropa.

“Tentunya liga dilanjutkan. Ini didasari dengan realita situasi saat ini di dunia. Kalian bisa lihat banyak negara yang lebih banyak korban terpapar virus dari Indonesia, setidaknya di atas kertas akan melanjutkan liganya,” kata Robert, Rabu (3/6) dilansir dari Ayobandung.com.

Menurut Robert, opsi penyelenggaraan turnamen pengganti Liga dinilai kurang mendukung persiapan Timnas Indonesia. Kendati demikian, Robert meminta PSSI dan pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan maksimal bila akan menggulirkan kembali kompetisi.

“Tapi tentu berdasarkan dengan cara negara itu memberlakukan protokol keselamatan dan kesehatan untuk mengurangi pandemi dan jumlah korban menurun. Tentunya Indonesia harus melihat itu,” ujarnya. Senada, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) Teddy Tjahjono menegaskan,seluruh keluarga besar Persib mendukung penuh keputusan PSSI bila kompetisi dilanjutkan. “Kompetisi nanti juga demi kepentingan lebih besar, yakni Timnas yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 dimana Indonesia menjadi tuan rumah. Namun kompetisi nanti harus berlangsung dengan protokol yang ketat demi keselamatan semuanya,” ujar Teddy dilansir dari laman resmi PSSI. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan