Milenial Jadi Kata Terpopuler di 2019

Pada pendekatan kualitatif, Dadang mengatakan, tingkat dampak dari penggunaan kata bagi masyarakat menjadi pertimbangan pemilihan.

”Penetapan kata tahun ini bukan sekedar dari jumlah pencarian masyarakat tapi juga berikan dampak bagi masyarakat,” katanya.

Dadang mengungkapkan ketika penyelenggaraan perhelatan Millenial Road Safety Festival, angka pencarian kata milenial menjadi naik di bulan Maret 2019. Selain itu, kenaikan ini pun terjadi di bulan November 2019 karena adanya peristiwa pengumuman staf khusus Presiden Republik Indonesia. Para staf khusus ini berasal dari kalangan milenial yang dilantik pada tanggal 21 November 2019. Peningkatan pencarian kata staf khusus milenial mencapai kueri tertinggi yaitu sebanyak 2.940.000 kali pada tanggal 30 Desember 2019 pukul 09.25.

Selanjutnya, kata milenial juga merambah di berbagai kalangan masyarakat yang mencakup komunikasi lisan, maupun tertulis di media sosial.

”Kata milenial dikenal dan digunakan oleh berbagai ka­langan untuk mengidentifi­kasi perilaku dan generasi yang memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik ini ter­lihat pada penggunaan ung­kapan anak milenial, genera­si milenial, gaya milenial, dan bahasa milenial. Pengguna kata milenial pun tidak ter­batas dari kalangan tertentu, tapi mencakup jurnalis, re­maja, pejabat, tokoh masya­rakat, selebritas, dan masya­rakat umum,” jelas Dadang.

Pada sisi distribusi kata, milenial memiliki keluasan penggunaan di berbagai bidang kehidupan. Penggunaan paling terbanyak yaitu pada dunia jurnalistik. Hal ini dibuktikan dengan berbagai berita dalam media nasional sepanjang tahun 2019.

Sedangkan untuk bidang akademik, terdapat karya ilmi­ah yang menggunakan kata milenial, seperti skripsi, atau artikel jurnal ilmiah dari ber­bagai universitas, seperti Poli­teknik Negeri Jakarta, Univer­sitas Sam Ratulangi, UIN Ma­taram, Universitas Diponego­ro, Universitas Negeri Semarang, dan Institut Pertanian Bogor. Pada dunia pemerintahan, kata milenial kerap digunakan pada laman pemerintahan dengan domain go.id di sepan­jang tahun 2019, yaitu Kemen­kominfo, Bank Indonesia, Kementerian BUMN, Kemen­terian Pendidikan Dan Kebu­dayaan, dan Komisi Penyiaran Indonesia.

Sektor swasta pun turut menggunakan kata milenial yang mencakup bidang pro­perti, keuangan, perbankan, kesehatan, asuransi, dan per­dagangan barang konsumsi. Pada bidang pengetahuan, kata milenial sangat populer digunakan, seperti pada bidang kedokteran, matematika, tek­nologi informasi, sosial politik, dan desain, baik dalam publi­kasi ilmiah maupun artikel blog atau berita. Dilihat dari wilay­ah, secara umum, kata mileni­al digunakan di seluruh wilay­ah provinsi di Indonesia den­gan pengguna terbanyak di wilayah Depok, Yogyakarta, Banjarmasin, Malang, dan Pa­dang.(bbs/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan