Milenial Jadi Kata Terpopuler di 2019

JAKARTA – Berdasarkan hasil penelitian Badan Peng­embangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pen­didikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pengguna­an kata milenial menjadi paling populer sepanjang tahun 2019. Melalui pende­katan kuantitatif, kata mile­nial menjadi salah satu kata yang masuk ke dalam pen­carian kata terpopuler se­panjang tahun ini dalam KBBI daring, yaitu sebanyak 19.834 pencarian.

”Kami menetapkan kata milenial dengan kuantitatif yaitu data statistik di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KB­BI), dan kualitatif dengan melihat rujukan dari media massa, bidang ilmu yang ham­pir sama semua merujuk ke­pada kata yang kita sebutkan tadi,” kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Pengem­bangan dan Pembinaan Ba­hasa Kemendikbud, Dadang Sunendar, melalui siaran pers-nya, belum lama ini.

Selain kata milenial, lanjut­nya, terdapat 14 kata terfavo­rit lainnya dengan jumlah pencarian tertinggi, yaitu kerja sama, praktik, analisis, risiko, memengaruhi, izin, aktivitas, survei, daring, zaman, praktik, hoaks, detail, dan sistem. Hal tersebut sesuai hasil analisa termasuk keda­lam kajian Kata Tahun Ini atau KTI tahun 2019.

Dia menjelaskan, kata mi­lenial menjadi populer kare­na mencerminkan munculnya generasi baru dalam bidang teknologi informasi dalam kurun waktu tahun 1980-an dan tahun 2000-an. Hal itu memunculkan babak baru dalam penyebutan generasi yang dikaitkan dengan ke­mampuannya dalam pengu­asaan dan penggunaan tek­nologi informasi, seperti komputer, internet, dan pon­sel (HP) dengan pengembang­an varian aplikasinya.

”Kata milenial tersebut juga mewakili adanya perubahan sosial dan kultural di masya­rakat,” jelasnya.

Menurutnya, munculnya kata milenial di google trends, lanjutnya, menjadi pertim­bangan pemilihan kata. Ber­dasarkan mesin pencari goog­le, kata milenial menjadi paling banyak dicari pada bulan Maret 2019.

”Pemunculan kata milenial ini diperkuat dengan penca­rian topik tertinggi untuk kata milenial, yaitu berhu­bungan dengan keamanan (safety), dan keamanan per­jalanan (road traffic safety). Adapun kueri tertinggi yang berhubungan dengan acara tersebut, yaitu milenial road safety, dan milenial road sa­fety festival,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan