Kekurangan Timnas Indonesia

JAKARTA – Manager Coach Timnas Indonesia Shin Tae Yong menegaskan telah memiliki kriteria pemain yang berhak masuk skuad Timnas Indonesia U-19. Selain memiliki skill dan kemampuan individu, pemain harus memiliki rasa percaya diri serta kemampuan memahami apa yang dipelajari.

Sampai Jumat (17/1) kemampuan para pemain terus dilihat sebelum dikerucutkan dari 53 pemain yang menjalani seleksi di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang menjadi 30 nama. ”Kami lihat bagaimana skill pemain dan kemauannya berkorban. Kami juga lihat siapa pemain yang mampu bermain dalam high intensity,” katanya, Rabu (15/1).

Menurutnya, Indonesia memang masih kurang dalam urusan bermain dengan high intensity. Padahal secara kemampuan individu, para pemain begitu bagus. ”Pengamatan Tae Yong demikian, saat melihat timnas di SEA Games dan Timnas Indonesia senior,” jelas Direktur Teknik Timnas Indonesia, Danurwindo.

Karena itu, sesi memantau latihan untuk mengukur kemampuan fisik menjadi fokus tim pelatih. Mereka yang dinilai belum bisa bermain dalam high intensity, bisa saja menjadi korban pencoretan.

Semua pemain Timnas Indonesia U-19 telah menjalani sesi latihan terakhir untuk seleksi pemain di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Bekasi, Jumat (17/1) pagi. Dari 53 nama yang dipanggil, Shin Tae Yong sudah menentukan belasan nama.

Nama-nama yang dia pilih merupakan pemain yang telah dipantaunya dari Senin (13/1) sampai Jumat (17/1). Sejauh ini, jumlah pemain yang menjalani game internal memang jauh berkurang di hari terakhir.

Saat dikonfirmasi, Tae Yong mengatakan bahwa berkurangnya pemain-pemain tersebut memang sesuai keinginannya. Ada pemain yang memang sengaja tak boleh ikut game internal tapi hadir di lapangan, ada juga yang tidak hadir di Wibawa Mukti.

”Belasan pemain sudah saya pilih dan saya keluarkan dulu dari tim. Saya lakukan itu karena takut mereka cedera,” akunya.

Untuk melengkapi jumlah pemain yang akan dibawanya dalam pemusatan latihan di luar negeri, Tae Yong akan mengambil dari nama-nama yang mengikuti game internal pada Jumat pagi. ”Jadi yang sekarang, saya mau lihat pemain-pemain lainnya seperti apa. Ini agar saya bisa pilih lagi kurangnya dari belasan tadi,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan