Jaga Kondisi Fisik, Shin: Semua Pemain Diwajibkan Latihan Mandiri dan Terapkan Prokes

JAKARTA – Pemain Timnas Indonesia U-19 M Kanu Helmiawan mengaku terus mengikuti latihan virtual di rumah, yang diberikan oleh Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong.

Dia menyebut, pelatih asal Korea Selatan tersebut juga memberikan pesan penting lainnya. Latihan virtual dilakukan selama satu jam setiap harinya. Dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB.

Menurutnya, latihan meliputi core training, upper body training, sampai dengan latihan fisik lainnya untuk menjaga kondisi pemain tetap maksimal. ”Selain menjalani virtual home training kami juga harus disiplin dalam hal lain seperti menjaga makan dan waktu istirahat,” kata Kanu di situs PSSI.

Selain itu, lanjut Kanu, Shin Tae Yong juga memberikan pesan agar kesehatan pemain tetap dijaga di tengah Pandemi Covid-19 yang masih besar penyebarannya di Indonesia. ”Pelatih Shin Tae Yong berpesan agar kami terus menjaga kondisi, tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah situasi Covid-19 dan disiplin dalam bentuk apa pun,” tegasnya.

Kanu memaparkan bahwa dirinya juga sudah tidak sabar untuk segera berlatih kembali bersama-sama di lapangan. Pemain berposisi gelandang itu mengakui, sejauh ini waktu latihan bersama di lapangan belum ada tetapi untuk virtual training akan dijalankan sampai 15 November mendatang.

Sementara Jack Brown sebagai pemain timnas Indonesia mengaku senang dan sangat bersemangat menjalani virtual training. Latihan yang dilakukan dari rumah masing-masing pemain tersebut berlangsung setiap hari. ”Saya dalam kondisi baik dan selalu bersemangat mengikuti semua instruksi dari pelatih,” jelasnya.

Latihan tersebut diberikan dengan materi yang berbagai macam. Mulai dari core training, kemudian dilanjutkan dengan upper body serta latihan-latihan yang menjaga kondisi fisik setiap pemain agar tetap maksimal. ”Sebelum melakukan virtual home training kami juga diberikan materi latihan tambahan di pagi dan sore hari,” tuturnya.

Artinya, di luar latihan virtual itu, pemain juga harus melahap latihan mandiri lainnya yang programnya sudah dikirimkan oleh pelatih. Latihan tersebut seperti jogging, skipping, speed agility dan lain-lainnya. ”Kami harus terus bekerja keras dan disiplin,” pungkasnya. (bbs/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan