KBB Segera Masuk Zona Hijau

NGAMPRAH – Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai melambat. Sebab tak ada pe­nambahan kasus positif baru dalam beberapa hari belakangan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Ban­dung Barat, saat ini tercatat ada total 73 kasus positif Covid-19 di KBB. Rinciannya 15 orang positif aktif, 55 orang dinyatakan sembuh, dan 3 orang meninggal dunia.

[ihc-hide-content ihc_mb_type=”show” ihc_mb_who=”3,4″ ihc_mb_template=”1″ ]

Kasus positif terakhir bera­sal dari mantan Ketua Majelis Syuro PKS, Almarhum Hilmi Aminuddin dan istrinya yang terkonfirmasi positif. Ditam­bah seorang dari lingkungan keluarga yang masih belum dipastikan siapa identitasnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, mengatakan kasus Covid-19 di KBB seti­daknya sudah bisa terkenda­li dan tak seganas saat di awal kemunculannya.

“Sekarang sudah mulai ber­kurang yang positifnya. Saat ini di KBB hanya ada sisa 15 pasien positif aktif yang sedang dalam perawatan dan yang sembuh semakin banyak. Kita harapkan bisa terus bert­ambah yang sembuhnya,” kata Umbara, Selasa (7/7).

Pihaknya menargetkan KBB bisa segera masuk ke zona hijau dari zona biru agar aktivitas masyarakat bisa dilakukan 100 persen namun memerhatikan protokol kesehatan.

“Dua minggu lagi kan ada evaluasi dari Jabar, kalau bert­ambah kasus sembuhnya mungkin bisa lebih dekat ke zona hijau. Setelah hijau, mungkin aktivitas yang selama ini belum bisa dilakukan, se­perti sekolah tatap muka bisa dipertimbangkan,” jelasnya.

Sebelumnya KBB sempat masuk kembali ke zona kun­ing dari zona biru. Namun hal tersebut merupakan ke­keliruan pendataan dari Gu­gus Tugas Covid-19 Jabar sebab data pasien positif yang masuk ke KBB sudah lama tidak tinggal di KBB.

“Ada kesalahan administra­si saja. Saat ini kita sebetulnya masih ada di zona biru, bukan zona kuning. Kemarin memang ada yang positif dua orang, tapi itu juga kasus impor. Dan tidak mungkin hanya karena dua orang positif di Desa Pa­gerwangi KBB jadi zona kun­ing,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan