Kasus Covid Di Sumedang Meningkat

MELONJAKNYA kasus Covid-19, membuat Kabupaten Sumedang masuk dalam zona orange atau zona resiko sedang penyebaran virus korona. Untuk itu, perlu penanganan khusus serta kerja ekstra, termasuk melakukan tracing dan mengadakan lagi swab test masif. Utamanya, bagi tenaga medis di Kabupaten Sumedang.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Sumedang Dr H Dony Ahmad Munir mengatakan, akan kembali memberikan edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat, agar lebih paham menjalankan protokol kesehatan (protkes). Dan, juga melakukan 3T yakni testing (pengujuan), tracing (pelacakan) dan treatmen (perawatan).

Begitu juga, Dony meminta agar setiap desa menyediakan tempat isolasi mandiri. Utamanya, bagi orang tanpa gejala (OTG). “Ini harus diaktifkan kembali, di desa ada tempat isolasi mandiri. Satu desa satu tempat. Dan untuk mendukung itu semua, kita akan buatkan panduan untuk penanganan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Bupati Sumedang ini di Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang, Rabu (19/8) lalu.

Disebutkan Dony, pihaknya akan melakukan lagi penyemprotan disinfektan secara masal di seluruh tempat Kabupaten Sumedang. “Rencananya pada Jumat 21 Agustus 2020 (hari ini, red),” katanya.

Kata bupati, tim gugus memperketat lagi izin keramaian sebagai upaya pencegahan penyebaran korona. Upaya itu, diharap dapat menurunkan angka reproduksi Covid-19 termasuk angka transmisi. “Untuk izin keramaian kita tinjau lagi. Jangan ada keramaian (hiburan, red), termasuk yang nikah pun terbatas. Itu harus dijalankan dan kami akan membuat instruksi khusus,” tukasnya.

Data yang dihimpun Sumeks, kasus Covid-19 di Sumedang mencapai 86 orang. Jumlah tersebut, didominasi tenaga kesehatan (nakes). Dari 78 itu, 37 orang merupakan pegawai rumah sakit umum daerah Sumedang (RSUD) dan sembilan orang berasal dari puskesmas. Sehingga jumlah total nakes yang terpapar mencapai 46 orang.

Data terakhir, masih ada 49 orang terpapar covid yang masih diisolasi. Sebanyak 43 orang menjalani isolasi mandiri dan enam orang diisolasi di RSUD. (sep/nur)

TOTAL KASUS POSITIF:  86 Orang

  • TENAGA KESEHATAN RSUD: 37 ORANG
  • TANAGA KESEHATAN PUSKESMAS9 ORANG
  • ISOLASI MANDIRI43 ORANG
  • ISOLASI DI RSUD6 ORANG

Tambah 8 Kasus Baru

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan