Diskdik Sebarkan Akun PPDB Online Melalui Sekolah

BANDUNG – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Barat sudah dipastikan berbeda dengab tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan itu terletak pada pendaftaran dan seleksi PPDB melalui online.

Untuk memudahkan koordinasi saat pelaksanaan pada pada 8-12 Juni dan 25 Juni hingga 1 Juli 2020 mendatang, Sekretaris II PPDB Dinas Pendidikan (Disdik Jabar, Edy Purwanto menyampaikan, bahwa kepanitian telah berkomunikasi dengan satuan pendidikan (SMP/MTs.) melalui Dinas Pendidikan kabupaten/kota agar seluruh informasi bisa sampai langsung ke calon peserta didik dan orang tua.

“Kita kerahkan kantor cabang dinas juga agar komunikasi dapat terjalin dengan baik,” ujar Edy, kepada Jabar Ekspres, Selasa (12/5).

Edy menjelaskan, pengoptimalan sistem PPDB dimulai dari sekolah asal. “Mulai besok, sekolah asal diberikan akun. Akun tersebut nantinya diberikan kepada calon peserta didik. Kami sudah siapkan semuanya,” katanya.
Edy menambahkan, calon peserta didik memiliki dua opsi untuk proses PPDB 2020, yakni dilakukan secara mandiri atau dengan bantuan sekolah asal.

Sementara Ketua Panitia PPDB Online 2020, Ir H Yesa Sarwedi Hadi Seno menambahkan, bahwa setiap anak dan sekolah harus mendapatkan akun. Ia menjelaskan, akun ini memiliki fungsi yang bervariasi. Akun sekolah hanya dipegang oleh sekolah untuk login ke website PPDB online. Sementara untuk akun siswa berfungsi mendaftar diri ke sekolah tentunya ini masuk jalur mandiri.

“Begitu akun itu dipakai untuk login ke website oleh sekolah maka data siswa langsung keluar, kita sudah sudah punya data base siswa nya dari data peserta ujian nasional 2020, data itu sudah jelas tidak ada perubahan, sekolah tinggal mendaftarkan ke sekolah tujuan setelah sekolah menerima akun,” ungkapnya.

Yesa melanjutkan, antara akun sekolah dan akun siswa memiliki fungsi yang berbeda. Akun sekolah berfungsi untuk memasukkan nilai rapot siswa-siswanya dan mendaftarkan siswa ke sekolah tujuan ke dalam sistem PPDB. Sementara akun siswa berfungsi untuk mengecek nilai – nilai yang sudah di entery (dimasukkan) oleh masing – masing sekolah ke dalam sistem ppdb. Selain itu, akun siswa juga berfungsi bagi yang ingin mendaftar ke sekolah tujuan secara mandiri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan