Disdukcapil Harus Tingkatkan Kualitas Jaringan

BANDUNG – Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Rizal Khairul meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) segera meningkatkan kualitas pelayanan online terutama terkait jaringan atau server pendukung.

Menurutnya, data kependudukan merupakan hal penting bagi masyarakat, terutama dalam kebutuhan administrasi untuk berbagai keperluan. Pada era teknologi dan informasi ini, masyarakat dapat lebih mudah mengakses data kependudukannya.

”Terutama terkait data kependudukan bagi warga Kota Bandung. Sehingga pelayanan kebutuhan dasar administrasi masyarakat tersebut, lebih maksimal,” ujarnya, melalui sambungan telepon, Minggu (23/8).

Untuk itu, Rizal meminta dinas terkait harus benar-benar memperhatikan hal ini, terlebih di era big data saat ini, dimana hal itu merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan roda pemerintahan.

”Salah satu yang harus ditingkatkan yakni rekapitulasi data kependudukan warga Kota Bandung. Mengingat jumlah penduduk Kota Bandung yang mencapai angka 2,5 juta jiwa,” terangnya.

Dia mengatakan, Disdukcapil Kota Bandung harus lebih inovatif dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Khususnya memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memenuhi administrasi kependudukannya. Terutama layanan administrasi pembuatan e-KTP, KK dan lainnya.

”Semuanya harus dipermudah bagi warga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Popong W. Nuraeni mengakui, meski layanan administrasi sudah berbasis online, namun pihaknya masih terkendala sarana server jaringan.

”Maka peningkatan kualitas server jaringan untuk memback-up data kependudukan terus diupayakan. Sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih optimal,” terangnya.

Dikatakannya, dengan pelayanan administrasi yang berbasis digital online, maka data kependudukan masyarakat lebih aman dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

”Server jaringan adalah jantung Disdukcapil Kota Bandung, karena selain mempermudah pelayanan, juga keamanan data yang lebih terjamin,” katanya.(bbs/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan