Jalur Padalarang Diprediksi Makin Padat pada Mudik Lebaran

NGAMPRAH – Rencana di­berlakukannya jalur satu arah dari Tol Cikampek hingga Tol Brebes mulai 30 Mei hingga 2 Juni nanti diprediksi akan berdampak pada jalur arteri di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Bahkan, akan lebih padat dari biasanya pada arus mudik Lebaran tahun ini.

Kepala Dishub KBB Ade Komarudin mengungkapkan, kebijakan satu arah di jalan tol akan mengalihkan para pemudik menuju daerah Bo­gor dan sekitarnya ke jalan arteri yang melewati Padala­rang.

“Jadi yang biasanya lewat tol, ini harus ke jalan raya. Tentu nanti akan ada pening­katan volume kendaraan di jalur arteri,” katanya di Ngam­prah, kemarin.

Dengan demikian, pihaknya akan menurunkan sejumlah personel untuk mengatur lalu lintas bersama-sama dengan kepolisian. Dua posko Dishub disiapkan di Jalan Raya Padalarang dan Jalan Raya Lembang. Kedua daerah ini, menjadi fokus perhatian saat arus mudik dan balik Lebaran.

Ade juga mengungkapkan, pemantauan akan dilakukan di jalan tol, seperti mengenai kesiapan kondisi jalan, rest area, dan penerangan jalan. “Imbauan-imbuan kepada pengendara seperti misalnya untuk beristirahat setiap tiga jam juga akan terus digencar­kan,” tuturnya.

Pihaknya juga akan tetap memperhatikan kesiapan di jalan raya dan jalan-jalan al­ternatif. Misalnya, pemasangan rambu-rambu, pengecekan kondisi jalan, serta pene­rangan jalan umum.

Di Bandung Barat, saat ini juga sudah banyak jalan al­ternatif yang bisa digunakan, terutama dari dan menuju ke Lembang. Namun, pihaknya akan memastikan kondisi jalur alternatif tersebut layak untuk dilalui.

“Jika ada kendala, kami akan arahkan ke jalan utama saja. Sebab percuma lewat jalan alternatif, tetapi justru me­nambah kemacetan ataupun rawan menyebabkan ke­celakaan,” tuturnya.

Pada Lebaran dan seterusnya, lanjut dia, petugas memprio­ritaskan pengaturan lalu lintas di Lembang dan sekitarnya. Hal ini seiring dengan banya­knya warga yang berkunjung ke sejumlah tempat wisata.

“Bandung termasuk di da­lamnya Bandung Barat men­jadi tujuan mudik terbesar karena banyak warga yang menuju tempat-tempat wi­sata. Hal ini juga menjadi perhatian kami agar lalu lin­tas tidak tersendat,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan