Antisipasi Kecelakaan Perjalanan Jelang Nataru, Dishub KBB Gelar Ramp Chek

Jabarekspres.com – Antisipasi kecelakaan saat perjalanan jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat (Dishub KBB) melakukan ramp check terhadap sejumlah kendaraan Bus.

Ramp check tersebut dilakukan untuk melihat sebuah armada apa sudah layak jalan atau tidak untuk beroperasi membawa penumpang.

Selain mengecek kondisi kendaraan, petugas juga mengecek administrasi atau surat-surat kendaraan seperti STNK, perlengkapan kartu pengawasan, dan masa uji berlaku KIR-nya.

Sekretaris Dishub KBB, Fauzan Azima mengatakan ramp check tersebut dilakukan dalam rangka mengantisipasi kecelakaan yang diakibatkan oleh ketidaklayakan kendaraan.

”Kita antisipasi hal itu, dari kendaraan yang kami periksa semua layak jalan, meskipun ada beberapa kekurangan itu masih kami toleransi dan sifatnya tidak fatal,” jelas Fauzan di Padalarang, Kamis (22/12/2022).

Selain adminstrasi kendaraan, kata Fauzan, pengecekan kelayakan jalan kendaraan juga dilakukan mulai dari sistem pada kendaraan, sistem rem, sistem kemudi dan sistem roda kendaraan.

”Peringatan hari ini, ini merupakan program dari dinas perhubungan, kepolisian dan Jasa Raharja bagian bentuk dari tanggung jawab kami untuk bersama-sama mensosialisasikan terkait dengan kelayakan kendaraan, dalam artian keselamatan itu paling utama, setiap perjalanan kendaraan,” jelasnya

Kemudian bersama pihak kepolisian dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas), Satpol PP serta stakeholder, rencananya akan mendirikan tiga posko pelayanan, diantaranya Cipatat, Pdalarang dan Lembang.

Harapannya, pos-pos itu bisa membantu memudahkan masyarakat yang akan berwisata dan melancarkan kegiatan masyrakat jelang Nataru.

”Untuk Nataru konsentrasi di Bandung Barat itu ada 3 titik. Posko ada tiga tapi tidak menutup kemungkinan jika ada yang menonjol mungkin kita akan berkolaborasi mengantisipasi semua dampak yang terjadi,” bebernya

Fauzan menjelaskan, pemantauan dari CCTV dilakukan berbarengan dengan patroli lalu lintas di jalan.

”Pemantauan juga kita memakai CCTV termasuk pemantauan di jalan pun kita lakukan selama patroli lalu lintas di jalan,” tutupnya. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan