100 KUMKM Ikuti Gelar Inovasi Produk

Gelar Produk Inovasi Dinas KUK Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu dari beberapa pameran yang digelar Dinas KUK Provinsi Jawa Barat dalam mendorong pelaku KUMKM memasarkan, mempromosikan berbagai produk unggulan Jawa Barat. Sebab salah satu kendala yang dihadapi pelaku KUMKM yakni pasar. Walaupun pemasaran online diera saat ini sangat dominan namun pemasaran melalui pameran dan bazaar masih memberikan andil yang cukup besar dalam pemasaran produk pelaku KUMKM.

Pemasaran atau promosi melalui pameran cukup mahal dan berat bagi pelaku KUMKM. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil memfasilitasi pemasaran salah satu Gelar Produk Inovasi ini. Selain Gelar Produk Inovasi, kita juga menggelar Cooperative Fair pada Agustus lalu, Gelar Produk KUMKM pada Harkop tingkat Provinsi Jawa Barat pada bulan Juli lalu.

Gelar produk dan temu bisnis UMKM Jabar Juara yang digelar di 27 kabupaten/ kota di Jawa Barat yang mendapatkan dukungan dari pejabat bupati/ walikota. Selain itu, ada pameran luar provinsi bagi pelaku UMKM Jawa Barat dan UMKM Jabar Juara serta peserta One Pesantren One Product (OPOP) seperti ke Jakarta, Bali, Jawa Timur, Kendari, Medan, Kepulauan Riau-Batam, Provinsi Riau. Pameran luar negeri untuk produk UMKM Jabar Juara dan program OPOP.

Melalui kegiatan pemasaran dan promosi produk tersebut, kata Kusmana, produk-produk pelaku UMKM semakin dikenal di masyarakat luas baik regional, nasional maupun luar negeri. Terpenting yakni untuk mendorong pelaku KUMKM lebih pede dan berani dalam memasarkan produk-produknya. (adv)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan