Setan Merah Bisa Gigit Jari

bandungekspres.co.id – Atmosfer rivalitas Manchester United versus Manchester City musim ini tidak segemerlap musim-musim lalu. Keduanya bukan lagi berebut titel juara Premier League melainkan ’hanya’ jatah tampil di Liga Champions dengan finis empat besar.

City dan United berjarak empat poin. City 57 poin di posisi keempat sedang United 53 poin di posisi kelima. Dengan roda kompetisi menyisakan enam laga lagi, perebutan tiket ke Liga Champions bagi keduanya sangat menarik.

Nah, United pantas ketar-ketir dengan lolosnya Liverpool ke semifinal Europa League musim ini. Sebab sejak musim lalu, juara Europa League punya jatah lolos ke fase grup Liga Champions. Musim ini, Sevilla sebagai juara Europa League 2014-2015 lolos ke fase grup Liga Champions meski akhirnya tersisih di fase ini.

Jangan lupakan juga kalau City melaju ke empat besar Liga Champions musim ini. Meski bertemu raksasa Spanyol, Real Madrid, The Citizens, julukan City, masih punya kans mengangkat tropi Si Kuping Besar buat pertama kalinya musim ini.

ESPN kemarin (15/4) menulis ada tujuh skenario soal jatah klub-klub Premier League di Liga Champions musim mendatang. Skenario pertama adalah Liverpool dan City gagal menjuarai  Europa League dan Liga Champions. Artinya kuota tim Premier League di Liga Champions tetap milik tim empat besar.

Lalu opsi kedua City juara Liga Champions namun finis di empat besar. Tak ada perubahan jatah bagi Inggris dan tetap mendapat empat kuota.

Lantas alternatif ketiga, City juara Liga Champions namun finis kelima di Premier League pada penghujung musim. Kalau ini terjadi, Premier League mendapat jatah lima tim di Liga Champions akan tetapi mereduksi jatah di Europa League. Dari tiga tim menjadi dua tim. Hanya pemenang Piala FA dan posisi enam klasemen yang ke Europa League.

Opsi keempat, Liverpool menang Europa League lalu finis di posisi Europa League atau enam besar. Sama seperti alternatif ketiga, Premier League akan punya lima wakil di Liga Champions plus dua tim di Europa League.

Tinggalkan Balasan