Mimpikan Derby Merseyside

Martinez lebih menyoroti bagaimana timnya mempertahankan hasil di leg pertama ini untuk melaju ke final. ’’Masih ada satu bentrok lagi dengan City di Premier League lalu kembali melawan mereka di leg kedua. Kinerja hari ini harus dipertahankan,’’ tuturnya.

Martinez menyadari Etihad bukan tempat yang ramah bagi timnya di tiga musim terakhir. Sejak 1 Desember 2012, hanya sekali Everton menahan imbang City di Etihad. Dua pertemuan lainnya selalu berakhir dengan kekalahan.

Apalagi, Everton akan berkunjung ke Etihad dengan tanpa Seamus Coleman. Bek kanan berkebangsaan Republik Irlandia itu menjadi tumbal di balik kemenangan ini. Dia terkena betis dan dinyatakan absen sampai empat pekan ke depan.

Tanpa Coleman, beban Everton untuk meredam tusukan dari sisi kiri City. Baik itu dari David Silva ataupun dari Jesus Navas. Dengan Coleman saja Navas masih mampu menembus barikade defense di sisi kanan Everton. Dia memanfaatkan kelengahan John Stones dan Coleman.

Tanpa Coleman, Everton hanya punya Tyias Browning untuk pemain di posisi bek kanan. ’’Kami meyakini ada tantangan lebih besar di hadapan kami sekarang. Kami tidak akan terlena, dan akan menatap jauh untuk leg kedua,’’ lanjutnya.

City tentu tidak mau membuang pelung satu gol tandangnya itu. Yaya Toure dkk berhasrat kembali lagi ke Wembley setelah dua tahun lalu pernah mengangkat trofi Piala Liga di sana. Final tahun ini akan menjadi laga final kelimanya di Piala Liga.

Dalam sejarahnya lolos ke final, City hanya sekali menelan kekalahan di laga tandang. Itu terjadi pada edisi 1975-1976 silam. Hampir sama dengan tahun ini, City defisit satu gol atas Middlesbrough ketika tumbang 1-0 pada leg pertama semifinal di Riverside.

Lalu, di Maine Road – homeground City kala itu – Boro ganti dibantai empat gol tanpa balas. Bisakah sejarah berulang di Etihad? ’’Yang bisa kami lakukan hanya mencetak gol sebanyak-banyaknya,’’ koar pelatih City Manuel Pellegrini, dikutip dari Daily Mail.

Misi itu tidak sulit. Statistik menyebutkan, dari 15 pertandingan home City di segala kompetisi enam bulan terakhir, total sudah ada 45 gol tercipta. Jika dirata-rata, per game-nya City mampu menghajar tamunya dengan tiga gol.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan