Marquez Plin-Plan Soal Winglet

bandungekspres.co.id – WINGLET sedang mendapat sorotan tajam. Sejumlah pembalap MotoGP melancarkan protes atas peranti aerodinamika berbentuk sirip mungil yang dipasang di sisi kanan dan kiri motor itu.

Alasannya, winglet yang diperkenalkan Ducati tersebut mengancam keamanan pembalap. Winglet -dalam bentuk yang lebih lebar disebut starke- dianggap membahayakan rider lain ketika terjadi duel head-to-head. Mereka khawatir tergores atau kakinya terkait winglet hingga berakibat kecelakaan.

Insiden tabrakan Dani Pedrosa dan Andra Dovizioso di GP Amerika Serikat Senin dini hari kemarin membuat pembalap Repsol Honda angkat bicara melayangkan protes. Pedrosa menilai, teknologi winglet atau sayap tambahan cuma membahayakan pembalap.

Sementara Rossi merasakan keanehan selama menggunakan winglet di latihan ketiga di Sirkuit Losai, Qatar. Rossi merasa kehilangan stabilitas pada YZR M1 2016, sehingga ia memutuskan kembali beralih ke motor lama.

Sayangnya, sikap tegas kedua pembalap tersebut tidak diikuti Marc Marquez. Juara dunia dua kali MotoGP ini justru terlihat plin-plan dalam menyampaikan suaranya terkait penggunaan sayap tambahan pada bagian moncong RC213V miliknya.

“Penggunaan sayap tambahan adalah sesuatu yang aneh. Pertama, karena motor akan terlihat lebih bagus tanpa eksperimen tersebut. Alasan kedua adalah insiden. Menurut saya, tidak ada dampak signifikan yang terjadi terhadap pengunaan winglet. Namun demikian, kami pernah mencoba untuk menjajal sayap kontroversial ini dan saya mendapatkan dampak yang besar selama menguji di Austin,” tegas Marquez seperti dikutip dari Speedweek, Minggu (17/4/2016).

Tinggalkan Balasan