Chairul Tanjung Prediksi Perekonomian Melaju Kencang

Tertolong Konsumsi dan Bonus Demografi

Indonesia punya modal kuat untuk menjadi negara maju dalam beberapa waktu mendatang. Syaratnya, Indonesia harus bisa memanfaatkan sejumlah keunggulan. Antara lain, mengoptimalkan bonus demografi.

————–

Chairul Tanjung
MAHESA INDRA/JAWA POS

UNGGUL: CEO CT Corp Chairul Tanjung berharap dunia politik tidak alami kegaduhan, agar iklim investasi di Indonesia semakin tumbuh.

Tahun lalu hampir semua persendian ekonomi mengalami masa sulit. Namun, tahun ini kondisi perekonomian diperkirakan lebih baik. CEO CT Corp Chairul Tanjung memprediksi pertumbuhan ekonomi 2016 mencapai 5 persen plus minus 0,2 persen. Inflasi berkisar 5 persen plus minus 1 persen dan nilai tukar rupiah berkisar Rp 14.000 plus minus Rp 1.000 per USD.

Menurut dia, tahun lalu perekonomian Indonesia tidak hanya dipengaruhi kondisi global dan domestik. Kegaduhan politik juga sempat memengaruhi pasar dan optimisme pengusaha. Akibatnya, investor yang sebelumnya sangat optimistis terhadap pemerintahan baru menjadi ragu.

’’Kalau diibaratkan, seperti mendengarkan radio, lebih banyak noise-nya daripada voice-nya. Banyak suara semut. Zzz… gitu,’’ ujarnya berkelakar.

Karena itu, Chairul Tanjung (CT) berharap kegaduhan di panggung politik berkurang. Sebab, gaduh sedikit saja, pasar langsung responsif. Akibatnya, kepercayaan investor bisa berkurang sehingga mereka menarik dana dari dalam negeri. Padahal, Indonesia cukup menarik bagi investor karena imbal hasil (yield) investasinya termasuk tinggi. ’’Negara-negara berkembang memang punya yield yang bagus,’’ ungkapnya.

Di sektor riil, kondisi politik yang baik juga sangat diharapkan. Jika kondisi politik masih penuh kegaduhan, Indonesia bisa kalah dari negara-negara ASEAN yang kondisi politik dan ekonominya lebih kondusif. Media pun bertanggung jawab agar mampu memberikan kritik yang membangun bagi jalannya dunia politik.

Chairul yakin tahun ini pemerintah lebih responsif jika dibandingkan dengan tahun lalu. Kondisi perekonomian 2016 yang diprediksi tumbuh lebih dari 5 persen bisa terus membaik hingga 2018. Sektor konsumsi masih menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi. ’’Konsumsi akan menolong perekonomian kita. Di CT Corp, keyakinan saya terhadap sektor konsumsi saya terapkan ke entitas ritel Carrefour dan Bank Mega,’’ jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan