Van Gal Siapkan Formasi Back Four

SETELAH tur pramusim di Amerika Serikat, Manchester United akan melanjutkan persiapannya guna menyongsong partai pertama di Premier League lawan Tottenham Hotspur. Untuk laga itu Manajer MU Louis van Gaal sudah setengah jalan menentukan formasi ideal lini belakang.

DUETKAN: Van Gal siap memasang tiga pemain andalannya.
DUETKAN: Van Gal siap memasang tiga pemain andalannya.

Di AS, MU sudah menjalani empat pertandingan friendly. Nyaris tak ada perubahan dalam starting XI racikan Van Gaal di keempat pertandingan tersebut.

Salah satu yang tak berubah adalah formasi back four, Luke Shaw di posisi bek kiri, Danny Blind di posisi bek tengah sebelah kiri, Phil Jones sebagai bek tengah sebelah kanan, dan Matteo Darmian mengawal pertahanan sisi sebelah kanan.

Nama-nama itu pula yang tampaknya akan menjadi andalan utama Van Gaal untuk musim 2015-16, secara khusus lawan Spurs, dengan Jones menjadi satu-satunya pengecualian. Ia diduga masih harus bersaing dengan Chris Smalling untuk mengisi satu tempat di jantung pertahanan.

”Saya harus mulai dengan formasi dan ketika formasinya berjalan bagus, saya akan memakai formasi tersebut,” ucap Van Gaal di laman web situs resmi MU.

”Saya pikir saya akan memainkan (Luke) Shaw dengan (Matteo) Darmian, dan dengan Daley Blind. Saya masih harus mempertimbangkan posisi bek tengah sebelah kanan. Saya amat puas dengan penampilan Matteo Darmian, dan Anda sudah lihat ia bisa main di kanan dan kiri. Tidak adanya cedera juga menjadi keuntungan dari tur tahun ini. Tahun lalu saya harus mendayagunakan yang tersedia, misalnya Tyler Blackett dan Jesse Lingard di partai pertama Premier League.”

”Sekarang saya punya pilihan lebih banyak dan saya bisa menggunakan pemain yang saya pikir dapat saya gunakan. Sekarang ada persaingan lebih ketat dan keseimbangan lebih baik dalam seleksi. Saya lebih percaya diri memulai musim,” tuturnya.

Van Gaal secara khusus juga memberikan penilaian positif buat Blind yang sepanjang tur kali ini tampil di jantung pertahanan. Dalam situasi ideal, si peracik taktik asal Belanda tampaknya bakal mempertahankan Blind di posisi tersebut, walaupun jika situasi membutuhkan fleksibilitas pemain bersangkutan juga membuatnya bisa saja dimainkan di posisi lain seperti pada musim lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan