Menpan Targetkan Akselerasi SDM

Program tersebut berlangsung timbal balik dengan universitas yang bersangkutan, seperti Student Exchang ’’Dari universitas itu juga mengirimkan kesini,’’ ujarnya.

Dua program tersebut tidak mempengaruhi program pertukaran pelajar yang saat ini sudah berlangsung. Dengan adanya program-program tersebut, diharapkan agar pelaku pertukaran pelajar dan gelar ganda dapat membagikan pengalaman kepada komunitasnya. Menurut dia, ada empat hal yang harus dilakukan dalam manajemen pendidikan. Yakni mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menjadikan pendidikan itu bermanfaat. ’’Misalnya dengan magang atau praktikum,’’ jelasnya.

Menurut dia, hal yang paling sulit dilakukan ialah menjadikan pendidikan itu berguna bagi semua orang, yaitu dengan cara dijadikan jurnal. ’’Dengan cara ditulis, yang baca juga mendapatkan ilmu nya,’’ singkatnya.

Konfrensi yang berlangsung pada 11 – 12 Februari 2015 tersebut juga dihadiri dekan dari Razak School of Engineering and Advanced Technology, Universiti Teknologi Malaysia. Juga Duta Besar ASEAN I Gede Ngurah Swajaya. Selain itu acara tersebut juga dihadiri tamu multi-nasional. (mg7/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan