Mahesa Jenar Matangkan Formasi Tim

SEMARANG – PSIS Semarang terus berbenah jelang kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2015. Tim berjuluk Mahesa Jenar ini akan kembali mengandalkan formasi 4-2-3-1 dalam mengarungi kompetisi yang rencananya digelar bulan Maret mendatang.

PSIS Semarang
GENJOT FISIK: Para pemain PSIS Semarang saat menjalani sesi latihan, beberapa waktu yang lalu.

Tim pelatih PSIS menyatakan, alasan memakai kembali menggunakan formasi tersebut, karena banyak pemain musim lalu dipertahankan dan sudah terbiasa dengan formasi yang mengandalkan satu striker itu. Karenanya, akan semakin matang ketika digunakan kembali.

Pelatih PSIS, M. Dofir mengatakan hanya merekrut pemain anyar sesuai kebutuhan formasi itu. Tidak banyak striker yang diambil. Saat ini, hanya Hari Nur Yulianto yang juga menjadi andalan lini depan musim lalu. Di sisi lain, ia lebih memperbanyak pemain di sektor lapangan tengah.

Saat ini, PSIS punya delapan gelandang, yakni Edyanto, Rizky Yulian, M. Yunus, Elmirio Andrestani, Yudha Pramana, Yogi Ardianto, Indra Setiawan dan Bakori Andreas. Namun, jumlah tersebut masih bisa bertambah karena sang pelatih ingin gelandang yang agresif dan siap tempur.

”Kami akan matangkan terus formasi tersebut. Banyak variasi yang bisa dilakukan dalam 4-2-3-1 sehingga bersifat fleksibel,” ujar M. Dofir.

Selain itu stamina para pemain PSIS jauh lebih baik dibandingkan pada awal persiapan. Hal itu tercatat pada tes VO2Max di Stadion Jatidiri, Sabtu (25/1) lalu. Ini tidak lepas dari latihan fisik yang digenjot dalam dua pekan terakhir.

Beberapa pemain yang memiliki VO2Max di atas rata-rata. Di antaranya dua pemain magang, Ahmad Fahmi Gelorawan dan Dani Raharjanto dengan nilai 59,8 liter/menit dan 57,2 liter/menit. Kemudian bek Anhar Latif dengan 58,2 liter menit serta striker Hari Nur Yulianto 57,1 liter/menit.

Sedangkan para pemain lainnya, sudah memenuhi standar yang ditetapkan. Seperti gelandang Elmirio Andrestani, Bakori Andreas, Indra Setiawan, Andriantono Ariza, Yudha Pramana, Rizky Ozil Yulian, Ahmad Ilyas serta dua kiper Fajar Setya Jaya dan Syaiful Amar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan