Lawan Kutukan Juara Bertahan

[tie_list type=”minus”]Real Madrid vs Atletico Madrid [/tie_list]

MADRID – Belum ada klub yang dapat menjuarai Liga Champions secara back to back. Kutukan juara bertahan itulah yang sekarang sudah tampak nyata menanti Real Madrid. Dini hari nanti, Los Blancos harus menjalani pertandingan do or die dengan menjamu tetangganya, Atletico Madrid.

Pada leg pertama di Vicente Calderon, markas Atletico, sepekan lalu, kedua tim bermain berimbang tanpa gol. Artinya, Real harus memenangi Derby Madrileno kedelapan dalam musim ini tersebut apabila ingin menghindari kutukan juara bertahan datang lebih cepat di babak perempat final ini.

Sekedar catatan, setelah merebut dua trofi sebelumnya, Real baru tersingkir dalam babak semifinal. Seperti ketika Real dihentikan Juventus dengan agregat 3-4 di edisi 2001-2002, atau ketika disingkirkan Bayern Muenchen dengan agregat gol 1-3 pada musim 1999-2000.

Ancaman tersebut kian nyata apabila melihat bekal yang dimiliki Carlo Ancelotti kali ini. Sebab, Real tidak bermain dengan kekuatan terbaiknya, termasuk dengan komposisi trio BBC-nya yang tidak lengkap. Setelah Gareth Bale terkena cedera betis, Karim Benzema menyusul dengan ligament engkel kaki kanannya.

Kepastian cederanya Benzema tersebut diungkapkan secara resmi oleh dokter tim Real, kemarin (21/4). Praktis, absennya dua anggota trio BBC ini bakal jadi kunci terlemparnya Real dari persaingan. Statistik menunjukkan, dari sembilan pertandingan Liga Champions musim ini, empat di antaranya trio BBC tampil tidak lengkap.

Yaitu, saat mengalahkan Liverpool dua leg, 3-0 dan 1-0, dan Ludogorets juga dalam dua leg, 2-1 dan 4-0. bedanya, kali ini yang dihadapi adalah Atletico yang secara kekuatan masih di atas Ludogorets ataupun Liverpool. ”Memang tidak 100 persen, tapi kami akan mencoba mengambil keuntungan dari krisis ini,” ujar penyerang Atletico, Fernando Torres, seperti yang dikutip dari Marca.

Dengan tidak adanya Bale dan Benzema ini, praktis fokus pertahanan Atletico hanya akan tertuju pada sosok Cristiano Ronaldo saja. Sekalipun, dalam pertandingan nanti, tidak adanya Benzema akan diisi oleh Javier Hernandez. Namun, ancaman dari Hernandez tidak sebesar dari Ronaldo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan