oleh

Dukung Kongres KNPI di Papua

Sebagai Penyempurnaan NKRI

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung secara penuh penyelenggaraan Kongres Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang berlangsung di Papua akhir Februari ini. Kongres Papua KNPI 2015 mendatang disebut-sebut sebagai kongres untuk menyempurnakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dukungan disampaikan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam jamuan makan malam bersama peserta Rakerda DPD KNPI Jawa Barat bersama Ketua Umum KNPI, Ketua DPD KNPI Jawa Barat, Asisten Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jabar, para Kepala Biro di lingkungan Setda Provinsi Jabar, Kepala Dinas Pemuda & Olahraga Jabar, serta Ketua DPD KNPI Provinsi se-Indonesia di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro Nomor 22 Kota Bandung, Senin malam (16/2).

Gubernur Ahmad Heryawan mengatakan bahwa dirinya sebagai bagian dari Gubernur dan Pemerintahan di Indonesia mendukung KNPI dan pemuda lainnya, termasuk penyelenggaraan kongres Papua yang merupakan bagian dari menyempurnakan Indonesia dan NKRI, sehingga tidak ada hambatan psikologis sedikit pun di antara para pemuda di seluruh Indonesia.

”Tentu saya menjadi bagian dari Bangsa Indonesia, bagian dari para Gubernur dan Pemerintahan di Indonesia mendukung diselenggarakannya kongres ini. Disebutkan bahwa kongres ini menyempurnakan ke-Indonesian dan NKRI kita. Mengapa disebutkan menyempurnakan? Karena alasannya sederhana, supaya tidak ada hambatan psikologi sedikit pun antara kita dan pemuda,” ungkap Aher usai acara.

Gubernur pun mengatakan, alasan lain yaitu ketika Kongres Pemuda Kedua tahun 1928 lalu tidak ada ada delegasi Young Papua yang hadir dalam konser tersebut. Untuk itu, kongres di Papua nanti merupakan penyempurna dari Kongres Pemuda tahun 1928.

Hal ini sebagai petanda kecintaan Pemuda terhadap Papua yang menjadi bagian tak terpisahkan dari NKRI. Sementara itu, Ketua Umum KNPI Taufan E N Rotorasiko merasa optimistis dan siap untuk menggelar Kongres ke-14 tersebut.

Menurut Taufan kongres pemuda di Papua tersebut merupakan event nasional para pemuda yang digelar untuk pertama kalinya di Papua.

”Kami sangat optimis, tentu ini perhelatan besar. Dan pertama kali kita menyelenggarakan acara setingkat kongres di luar Jawa, apalagi ini di Papua,” kata Taufan kepada para awak media.

Taufan menepis berbagai kekhawatiran yang ada mengenai penyelenggaraan kongres di Papua nanti. Dia pun optimistis Kongres Papua akan berjalan baik dan sesuai rencana, serta berharap hasil dari kongres nanti dapat memberikan hasil yang bermanfaat bagi bangsa.

”Tentu banyak kekhawatiran, tapi Insya Allah semuanya bisa dilaksanakan dengan baik, seperti kata pak Gubernur tadi, Papua adalah bagian dari kita juga. Saya rasa teman-teman (KNPI) juga sudah sangat siap untuk pergi ke sana (Papua).

Yang kita harapkan juga hasil dari kongres ini akan bermanfaat tidak hanya bagi kami tapi juga bagi putra-putri, cucu, cicit kami ke depan sebagai momentum besar pergerakan kepemudaan di Indonesia,” papar Taufan. Kongres Pemuda KNPI ke-14 akan digelar di Kota Jayapura, Papua pada 24-28 Februari 2015 mendatang. Agenda utama kongres yaitu pemilihan Ketua Umum KNPI untuk periode tiga tahun ke depan. (fie/fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.