Petugas BPJS Blusukan ke Pasar

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenaga kerjaan Cabang Cimahi Kantor Perintis Kabupaten Bandung Barat melakukan sosialisasi ke pasar untuk merangkul masyarakat Bukan Penerima Upah (BPU).  Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cimahi Kantor Perintis Kabupaten Bandung Barat Yogi Adam menyebutkan, akhir pekan kemrin, pihaknya melakukan sosialisasi kepada para pedagang di Pasar Cermat Batujajar Kabupaten Bandung Barat.

”Hal ini dilakukan agar  program BPJS Ketenaga kerjaan bisa tersosialisasikan kepada masyarakat,” kata Yogi kepada wartawan, kemarin (18/9).

Khusunya, lanjut dia, kepada para pedagang dan masyarakat bukan penerima upah atau sektor informal. Hal lainnya, sebagai upaya para pedagang dan masyarakat lainnya bisa terangkul untuk jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, terkait keuntungan dan prosedur kepesertaan.

Pantauan dilapangan di lapangan, blusukan ke Pasar Batujajar Bandung Barat. Bahkan, mampir juga ke Pasar Antri dan Pasar Cimindi, Sabtu (17/9). Diakui olehnya, beberapa pedagang belum mengetahui keuntungan dari kepesertaan BPJS.

Namun setelah dijelaskan, tidak sedikit dari mereka yang mendaftarkan diri. ”Kita sengaja ke lapangan, sebab kalau menunggu dikantor akan sulit mensosialisasikan program BPJS,” ucapnya.

Menurut Yogi, dengan turun ke lapangan, hasil yang didapat cukup bagus. Sasaran BPJS Ketenaga kerjaan bukan hanya pekerja atau pedagang, pemilik warung, petugas parkir dan lainnya bisa ikut, agar ada efektivitas perekruan peserta BPJS Ketenagakerkaan.

Yogi melanjutkan, pihaknya bekerjasama dengan Pemkot Cimahi dan Pemkab Bandung Barat. Sebab dilingkungan Pemkot dan Pemkab juga ada pegawai yang non PNS. Beberapa dinas sudah bekerjasama diantaranya, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan Dinas Perhubungan Kota Cimahi.

”Mereka mendaftarkan para pegawai kebersihan maupun tukang parkir di dinas tersebut jadi peserta BPJS Ketenaga kerjaan,” ungkapnya.

Sementara Marketing Officer BPJS Ketenaga kerjaan Cimahi Sandi Gandara mengaku, antusias pedagang untuk jadi peserta BPJS Ketenaga kerjaan cukup baik. Bahkan ketika di Pasar Cimindi, Forum Pasar berkeinginan Pasar Cimindi jadi pilot projek program BPJS Ketenaga kerjaan.

”Selain komunitas pedagang, kami  sudah melakukan sosialisasi ke komunitas lain seperti juru parkir. Bahkan dari 188 orang juru parkir di Cimahi, 103 orang diantaranya sudah masuk program BPJS Ketenaga kerjaan,” pungkasnya. (bun/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan