Etos Kerja Muslim

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Tidak mungkin umat Islam mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah Swt, tanpa dibarengi dengan semangat beramal yang tinggi. Sebab, Islam mengajarkan kepada umatnya agar senantiasa berusaha dan bekerja keras serta kerja cerdas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan membangun masa depannya.

Telah menjadi sunatullah di dunia, bahwa  kemakmuran akan dicapai oleh mereka yang bekerja dan memanfaatkan segala potensinya untuk mencapai keinginannya.

Dalam Alquran Surat Al Jumu’ah ayat 10: yang artinya ”Apabila salat Jumat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.”

Dalam surah lainnya, Qs.Al A’raf ayat 10, Allah berfirman ”Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu itu (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.”

Berdasarkan ayat tersebut, kaum muslimin yang ingin mencapai kemajuan hendaknya harus bekerja dengan sepenuh hati. Tidak heran, jika banyak orang yang tidak beriman kepada Allah Swt, tetapi mau bekerja keras akan mendapatkan kemakmuran di dunia ini. Walaupun kesuksesannya terbatas di dunia saja.

Sebaliknya, adapula yang beriman kepada Allah Swt, tetapi tidak mau bekerja dan berusaha, akan sulit mendapatkan kemakmuran. Karena itu secara kasat mata, kita dapat melihat bangsa-bangsa yang maju di dunia adalah bangsa-bangsa yang memiliki semangat dan etos kerja kemandirian yang sangat kuat.

Bahwa Allah Swt menurunkan alquran untuk menjadi pedoman agar manusia tetap komitmen dengan ajarannya. Yaitu ajaran yang salah satu karakteristiknya adalah keseimbangan antara kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. Ajaran yang senantiasa  memberikan arahan, bahwa bagi mereka yang beramal dan bekerja secara unggul dan terbaik, serta penuh sungguh-sungguh, akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda di akhirat dan kesejahteraan serta kemakmuran di dunia.

Firman Allah, dalam QS. An-Nahl ayat 97 yang artinya, ”Barang siapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan, dalam keadaan beriman, pasti Kami akan berikan kehidupan yang baik kepadanya dan balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan