48

Warga Pasirjambu Gerakan Tanam Pohon

TANAMI POHON: Eyang Memet tokoh penggiat lingkungan bersama warga Pasirjambu mempersiapkan lubang dan bibit pohon untuk ditanam disepanjang Sub DAS Ciwidey.

SOREANG – Untuk menjaga kelestarian lingkungan, masyarakat Pasirjambu berencana akan melakukan penanaman sekitar 600 pohon di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciwidey pada Kamis, (10/1/2019).

Tokoh masyarakat Pasirjambu Eyang Memet yang juga aktivis lingkungan menuturkan, kegiatan ini adalah bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang dilakukan masyarakat pasirjambu.

’’Penanaman pohon akan dilakukan di sepanjang DAS Ciwidey dengan jenis pohon keras,”jelas Eyang kepada wartawan kemarin. (9/1).

Dia menilai, penanaman pohon bertujuan untuk menambah Ruang Terbuka Hijau ( RTH). Sebab, dikawasan pasirjambu dan sekitarnya, sudah banyak lahan kritis yang harus segera dihijaukan kembali.

Penanaman pohon ini berkat kerjasama dengan yayasan Walatra yang sudah berkomitmen bersama Masyarakat Pasirjambu, Ciwidey untuk melestarikan dan mendorong program citarum harum dengam melakukan penanaman dimulai Sub Das Ciwidey,” kata dia.

Kegiatan ini sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat agar peduli alam. Salah satunya menjaga dengan melakukan penanaman pohon yang merupakan bukti nyata kepedulian warga pasirjambu dan walatra.

’’Kami memiliki komitmen kita ingin berbuat yang bermanfaat bagi orang lain,” katanya.

Eyang menjelaskan, rencana giat menanam pohon masyarakat Cisondari Pasirjambu mendapat respon dari muspika Pasirjambu. Oleh karena itu, pada pelaksanaannya pihak Polsek, dan pemerintahan Kecamatan akan ikut ambil bagian. Sedangkan, Jenis pohon yang ditanam di anataranya pohon kayu Ganitri, Puspa, salam dan lainya

Sementara itu salah satu warga Ciwidey Lili Suryadarma menyambut baik kegiatan positif ini. Dia kegiatan tersebut sebagai benatuk kepedulian untuk memperbaiki lingkungan di kawasan sekitar sungai.

“Saya sangat mengucapkan terimakasih kepada Eyang Memet yang sudah mempelopori masyarakat untuk melakukan penanaman pohon di Sungai Cisondari ini,” katanya (rus/yan)

CAPTION

TANAMI POHON: Eyang Memet tokoh penggiat lingkungan bersama warga Pasirjambu mempersiapkan lubang dan bibit pohon untuk ditanam disepanjang Sub DAS Ciwidey.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.