Aksi Tanam Pohon Himasda ITB – Fikom UNPAD Membumi – Water Project 2023

Jabar Ekspres – Himpunan Mahasiswa Sumber Daya Air (HIMASDA) Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pajajaran (FIKOM UNPAD) bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Citarum (BBWS) Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisangkuy melakukan aksi penanaman pohon di bantaran sungai Cisangkuy yang bertempat di Posko Sektor 21 Sub Sektor 05 Citarum Harum Jalan inspeksi Cisangkuy Desa Sukasari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung, Sabtu (19/11).

Ketua pelaksana Erlangga mengatakan Sebagai Mahasiswa yang merupakan sosok penggerak perubahan dengan mengajak seluruh elemen masyarakat melakukan suatu tindakan bersama menuju ke arah yang lebih baik lagi, dengan pertimbangan berbagai ilmu, gagasan, serta pengetahuan yang dimiliki.

“Aksi tanam pohon ini sebagai bentuk pengabdian Kami sebagai mahasiswa terhadap masyarakat dan peduli terhadap lingkungan dan Air,” ucapnya.

BACA JUGA: Waspada! 242 Pohon di Kota Bogor Berstatus Rawan, 25 Diantaranya Sudah Tumbang di November Ini

Menurut Mahasiswa Jurusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran ini memaparkan bahwa Berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tujuan perguruan tinggi terdiri dari 1. Pendidikan dan Pengajaran 2. Penelitian dan Pengembangan 3. Pengabdian Masyarakat Mahasiswa diharapkan memiliki sifat kritis yaitu peka dan peduli terhadap keadaan sekitarnya serta juga diharapkan memiliki sikap solutif atas permasalahan yang ditinjau.

“Kegiatan menginisiasi dan mencari solusi terkait permasalahan keairan yang merupakan salah satu hal yang penting yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini mengingat tanpa air kemungkinan tidak ada kehidupan di dunia ini karena semua makhluk hidup sangat memerlukan air untuk bertahan hidup,” paparnya.

Erlangga menambahkan Jenis bibit yang disepakati yaitu kombinasi tanaman yang memiliki daya produksi dan tanaman yang memiliki daya guna konservasi tanah. Tujuan pemilihan jenis bibit yang dikombinasikan yaitu agar memiliki dampak dalam memperbaiki kondisi tanah yang ada di lokasi tersebut dan juga agar dapat dimanfaatkan oleh warga sebagai kebutuhan pada masa mendatang. Oleh karena itu, jenis tanaman yang dipilih yaitu tanaman buah-buahan seperti mangga, jambu air, nangka, alpukat dan tanaman yang memiliki batang besar sebagai tanaman konservasi seperti tanaman mahoni.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan