Warga Desa Cikuya Bandung Tanam 3 Ribu Pohon untuk Penghijauan dan Resapan Air

CICALENGKA – Memasuki musim penghujan, Kepala Desa bersama warga Desa Cikuya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung melakukan aksi tanam pohon.

Penanaman pohon itu bertujuan untuk penghijauan wilayah sekaligus berguna sebagai penambah daya serap tanah agar tidak terjadi luapan air.

Diketahui, aksi tanam pohon tersebut dilakukan dengan fokus di pinggir anak sungai Citarum, dengan jumlah tiga ribu anak pohon.

Kepala Desa Cikuya, Dadan Suganda mengatakan, sebagai manusia yang menikmati kekayaan alam, perlu ada perawatan serta pelestarian alam.

“Selain untuk lingkungan, penanaman pohon juga dilakukan untuk mempererat ikatan warga desa,” kata Dadan kepada Jabar Ekspres, Selasa (26/10).

Selain tanam pohon, dijelaskan Dadan, warga Desa Cikuya juga gotong royong membersihkan sampah yang berserakan di anak sungai Citarum.

“Semua perangkat desa, pengurus RT-RW, kemudian semua lembaga di Desa Cikuya dan warga bersama-sama kerja bakti,” pungkas Dadan.

Dalam pemaparannya, Dadan menuturkan, kedekatan perangkat desa, lembaga hingga warga Cikuya semakin terasa dengan kegiatan lingkungan penanaman pohon.

“Harapannya semoga pohon yang sudah ditanam dapat tumbuh sampai mandiri. Dan ikatan silaturahmi warga Cikuya juga tetap bahkan semakin terjalin terus,” imbuh Dadan.

Dia berujar, pohon yang sudah ditanam tidak dibiarkan alias diperhatikan tumbuh kembangnya dengan perawatan rutin sampai nantinya pohon dapat hidup secara mandiri. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan