Pertama Gelar Karnaval Kemerdekaan

SOREANG – Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung akan menggelar event Karnaval Kemerdekaan Sabilulungan. Event tersebut digelar dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 74 Tahun 2019.

Sebanyak 1.700 Penari Kolosal Se Jawa Barat ikut meriahkan karnaval ini. Selain itu, beragam sajian hiburan akan disuguhkan kepada seluruh masyarakat, dengan mengusung tema Menuju Indonesia Unggul.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Agus Firman Zaeni mengungkapkan,  karnaval akan digelar hari Minggu, 18 Agustus  2019 mulai pukul 07.00 WIB.

”Acara itu akan disemarakkan oleh ribuan penari, para pelaku seni, keterlibatan Perangkat Daerah (PD) dan kreativitas masyarakat. Semuanya akan berkolaborasi menampilkan karya otentik daerah dengan apik dan menarik,” Kata Agus saat ditemui di Soreang, Jumat (2/8).

Menurutnya, tujuan digelarnya acara tersebut, selain untuk mendukung Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) dan hiburan rakyat, juga untuk memperkenalkan kembali budaya lokal yang bisa menjadi daya tarik pariwisata bagi wisatawan.

”Kita akan memperkenalkan kembali pada generasi muda atau kalangan milenial mengenai budaya daerah dan kearifan lokal. Di era saat ini, jangan sampai teknologi dan modernisasi menggerus nilai budaya kita. Mengikuti perkembangan boleh saja, asalkan jangan kehilangan jati diri,” katanya.

Dirinya berharap momen Peringatan HUT RI, bukan hanya menjadi hiburan tahunan bagi masyarakat Kabupaten Bandung saja, namun juga menjadi daya tarik wisata tahunan bagi wisatawan yang ada di Bandung Raya, Jawa Barat bahkan wilayah lainnya.

“Saya harap event ini akan menjadi magnet bagi wisatawan dari berbagai daerah, bukan saja lokal tapi juga mancanegara. Budaya, kearifan lokal dan tradisi masyarakat daerah yang dikemas dengan kreatif, akan melahirkan sesuatu yang menarik. Saya yakin hal ini akan menjadi salah satu modal pariwisata di Kabupaten Bandung,” jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Promosi  Disparbud Kabupaten Bandung Vena Andriawan menjelaskan, ragam pertunjukan pada karnaval tersebut di antaranya akan disuguhkan tarian kolosal bertema ‘Cetak Cetok Kuminyar Sabilulungan’. Tari-tarian kolosal itu, akan dibawakan oleh 1.700 orang penari dari sanggar tari se Jawa Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan