Gambarkan Keragaman Budaya Nusantara

jabarekspres.com, BANDUNG – Karnaval Kemerdekaan Republik Pesona Parahyangan 2017 bakal menampilkan unsur kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua. Hal itu untuk menggambarkan kekayaan budaya Nusantara dalam satu kolaborasi.

Tema yang di usung kali ini ”Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama”. Semangat ini tampak dalam partisipasi lebih dari 2.500 peserta karnaval yang berasal dari perwakilan 13 provinsi, 20 kabupaten di Jawa Barat, 43 komunitas, serta perwakilan dari berbagai penyelenggara festival terbaik se Indonesia.

Karnaval ini melanjutkan tra­disi menutup puncak perayaan bulan kemerdekaan dengan karnaval rakyat yang rutin dia­dakan sejak 2015 di Pontianak Kalimantan Barat, Sumatra Utara dan tahun ini karnaval bertajuk Pesona Parahyangan akan di gelar di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mangatakan, kar­naval ini adalah pesta rakyat untuk merayakan keberaga­man Indonesia. ”Karnaval ini merupakan karnaval terbesar di Indonesia yang diikuti oleh berbagai provinsi di Indone­sia. Menampilkan ragam bu­daya khas dari tiap provinsi, karnaval merupakan penutup perayaan kemerdekaan,” kata Gubernur yang kerap disapa Aher pada Jabar Eks­pres, kemarin (25/8).

Senada dengan Aher, Wali Kota Bandung M. Ridwan Ka­mil mengatakan karnaval ini membawa pesan kebhinekaan yang disambut secara antusias oleh warga kota Bandung.

”Saya telah mengintruksikan ke setiap kelurahan untuk tumpah ruah mengikuti kar­naval akhir pekan ini dengan membawa umbul-umbul warnawarni,” ujar Emil.

Ketua Pelaksana Aat Suriat, yang juga budayawan asli Jawa Barat menjelaskan karnaval tidak hanya melibatkan tokoh tokoh seniman dan budayaan Jawa Barat, tapi juga seniman dari berbagai daerah lain.

”Semua yang ditampilkan di karnaval ini menggambar­kan semangat kerja bersama, mulai dari peserta karnaval yang akan menampilkan seni tradisional dan kontem­porer, hingga kendaraan yang akan dinaiki oleh presiden,” ujarnya.

Selain itu, karnaval ini juga melibatkan perwakilan dari berbagai berbagai peyeleng­gara festival yang mempu­nyai reputasi baik di kancah Internasional seperti Jember Fashion, Solo Batik, dan To­mohon Internasional Flower. ”Dukungan penuh diberikan oleh penyelenggara dari kedua karnaval tersebut bagi terse­lenggaranya karnaval kemer­dakaan,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan