Menteri Susi Minta Ridwan Kamil Buat Perda Penggunaan Plastik

BANDUNG – Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera membuat payung hukum berupa Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang penggunaan plastik.

Hal tersebut diungkapkan saat Susi menghadiri Talk Show and Exhibition: Festival Membumikan Laut Sebagai Masa Depan Bangsa Indonesia di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Kota Bandung, Selasa (26/2).

Menurutnya, perda itu sangat diperlukan untuk mengendalikan penggunaan plastik agar tidak mencemari pariwisata di Jawa Barat. Sehingga, ancaman terhadap plastik bisa dicegah sejak dini melalui aturan tersebut.

“Daerah-daerah lain telah memutuskan say no to use plastic back. Sudah ada obrolan tadi dengan Gubernur (Ridwan Kamil). Masa Jabar kalah sama Bali, Banjarmasin dan kota kota lainnya,” kata Susi

Dia menilai penggunaan plastik yang tidak terkendali, dapat menimbulkan masalah baru dan berdampak terhadap kondisi lingkungan dan laut. Pasalnya Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia.

“Saya keliling berbagai daerah selalu meminta begitu (untuk membuat perda penggunaan plastik). Jadi saya harap nanti Jawa Barat akan mengikuti kota-kota lain,” pungkasnya. (mg4)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan