Lewat OPOP Bangun Kemandirian Pesantren

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Ko­perasi dan Usaha Kecil (KUK) Jawa Barat memiliki beber­apa program unggulan yakni One Pesantren One Product (OPOP), UMKM Naik Kelas, Koperasi Juara, Wirausaha Juara dan Digitalisasi Kope­rasi. Program unggulan ter­sebut sejalan dengan misi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yakni meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi umat yang sejah­tera dan adil melalui peman­faatan teknologi digital dan kolaborasi dengan pusat-pusat inovasi serta pelaku pembangunan.

“Program OPOP dan UMKM Juara sedang berjalan mema­suki proses registrasi atau pendaftaran. Untuk program OPOP merupakan salah satu program dari 17 program Pa­santren Juara. Kegiatan OPOP bertujuan mendorong pesan­tren di Jabar untuk mandiri secara ekonomi ,” tutur Ke­pala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK), Kusmana Hartadji.

Pesantren di Jabar memi­liki potensi besar untuk mandiri secara ekonomi. Hanya saja, sebagian besar diantara mereka masih me­merlukan pendampingan usaha, mulai dari pengga­lian potensi hingga pema­saran. Dari 9000 pesatren di Jabar baru sebagian kecil yang memiliki kemandirian ekonomi.

Pesantren sangat dimun­gkinkan untuk mandiri dengan memberdayakan sumber daya yang dimiliki. Pesantren dapat memiliki unit usaha untuk mengembangkan keberadaannya. Ia mencontohkan, Pontren Al Ittifaq di Kabupaten Bandung yang memiliki unit usaha pertanian. Produknya sudah dipasarkan ke sejumlah pa­sar modern di Indonesia.

Program ini dirancang da­lam bentuk audisi. Nanti akan ditentukan juara provinsi dan kabupaten/kota yang akan berhak untuk hadiah. Para pesantren tersebut, menurut dia, bukan hanya akan mengikuti audisi untuk dicari yang terbaik, tapi juga akan mendapatkan pening­katan wawasan dan peng­etahuan. Mereka juga akan mendapatkan pendamping­an usaha.

Tahapan kegiatan ini meli­puti: pelatihan dan magang, pendampingan usaha, temu usaha, lomba produk ung­gulan pesantren, dan pame­ran. Dinas KUK, menurut dia, juga akan membantu pesan­tren tersebut untuk mem­buka pasar bagi produknya. Bahkan, akan membantu membukakan jejaring hingga link and match dengan pe­santren lain yang memiliki produk berkaitan.

Tinggalkan Balasan