Jutaan Warga Jabar Belum Miliki e-KTP

BANDUNG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jawa Barat (Disdukcapil) Jabar terus menggenjot pencetakan keping e-KTP untuk keperluan Pemilu yang dilaksanakan pada April nanti.

Kepala Dinas Kependudukan Jabar Heri Suherman mengatakan, Pemprov Jabar menargetkan proses pencetakan keping e-KTP selesai di akhir Februari ini.

Meski tidak menyebutkan angka pastinya, saat ini, masiha ada jutaan warga yang belum menerima keping e-KTP. Sehingga target pencetakan ini harus betul-betul tercapai.

“Pencetakan sedang dilakukan massal, target 28 Februari selesai seluruh e-KTP. Sisa yang belum dicetak itu sekarang kurang lebih di bawah dua juta lagi,” kata Heri.

Menurutnya, pencetakan e-KTP ini dikebut untuk memenuhi kebutuhan warga dalam menghadapi Pemilu 2019. Sebab, e-KTP menjadi salah satu syarat wajib bagi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya.

“Februari dan Maret dikejar karena hadapi Pemilu. Untuk bisa masuk TPS (kan harus ada e-KTP) walau KPU boleh menggunakan suket (surat keterangan). Tapi Dukcapil akan berupaya maksimal memberi pelayanan kepada masyarakat,” ucap Heri.

Sementara untuk proses perekaman sendiri relatif tidak ada kendala. Saat ini hampir seluruh wajib e-KTP telah melakukan perekaman.

“Kalau perekaman sudah mendekati 100 persen, karena datanya setiap hari berubah. Tapi untuk pencetakan memang ada keterlambatan. Dan ini akan kita terus upayakan selesai,” ujar Heri. (dtx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan