Dinobatkan Jadi Gubernur Desa

BANDUNG – Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil dinobatkan sebagai Gubenur Desa oleh Kepala Desa yang tergabung dalam APDESI Jabar. Penobatan tersebut diberikan atas atensi dan program-program yang focus pada membangun serta mengembangkan desa.

Ada alasan kenapa pria yang akrab disapa Kang Emil itu mendorong pembangunan desa. Salah satu tujuannya, mengikis ketimpangan social antara masyarakat pedesaan dan perkotaan.

”Semangat program Desa Jabar tidak basa-basi, semu­anya bermuara pada aksele­rasi ekonomi,” kata Emil saat menghadiri Seminar Desa Tertib Administrasi Menuju Jabar Juara Lahir Batin dan MUSDA IV DPD APDESI (Aso­siasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia) Jabar di Hotel Grand Preanger, Kota Bandung, Jumat (29/11/19) lalu.

Pemprov Jabar sendiri sudah meluncurkan inovasi ber­nama Desa Juara yang memi­liki tiga pilar, yakni digitali­sasi layanan desa, One Vil­lage One Company (OVOC), dan Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa). Dari tiga pilar tersebut turun se­deret program, seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Jembatan Gantung Desa (Jan­tung Desa), Jalan Mulus Desa, Sapa Warga, dan sejumlah program lainnya.

Sebagai gambaran, pada 2019, Pemprov Jabar sudah membangun 23 Jantung Desa yang tersebar di beberapa Ka­bupaten. Jantung Desa dibangun untuk mempermudah akses sekolah dan memperbaiki konektivitas antar desa.

Di sektor perikanan, 1.039 kolam yang menggunakan teknologi smart auto feeder. Lewat teknologi itu, memberi pakan ikan bisa menggunakan gawai. Hal tersebut membuat panen bisa naik dari dua men­jadi empat kali dalam setahun. Persentase pendapatan pun melonjak sekira 30 sampai 100 persen. Dengan koneksi inter­net yang lancar, pemasaran ikan pun dapat dilakukan secara online.

Menurut Emil, sebanyak 60 persen perhatian Pemprov Jabar memang tertuju pada pembangunan desa. Dia ber­harap dampak positif dari pembangunan desa dapat dirasakan semua masyarakat pada 2020. ”Saya punya ha­rapan di akhir 2020 aksele­rasi ini menghadirkan peru­bahan,” katanya lagi.

Atas inovasi dan akselerasi pembangunan desa, Emil dinobatkan sebagai Gubernur Desa oleh Kepala Desa yang tergabung dalam APDESI Ja­bar. Penobatan tersebut sudah melalui rapat pleno yang di­hadiri oleh APDESI Kabupa­ten se-Jabar dan Sekretaris Umum APDESI Pusat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan