Dinas TPH Diburu Emak-Emak

BANDUNG – Pada Jumat lalu halaman Dinas Pertanian Tanaman Pangan (TPH) Jabar didatangi puluhan ibu-ibu. Kedatangan mereka tak lain ingin memperoleh produk-produk pertanian yang digelar setiap minggunya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Hendy Jatnika mengatakan, Dinas TPH sebetulnya sudah rutin melakukan bazar produk-produk hasil pertanian yang diambil langsung dari kalangan petani di Jabar. Namun, pada bulan Ramadan ini, Bazar diadakan lebih komplit dengan menyajikan berbagai produk pertanian dan olahannya.

Dia mengatakan, kegiatan bazar ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan bahan-bahan pokok pertanian dengan harga terjangkau.

Sebab, menjelang datangnya Idul Fitri berdasarkan per­mintaan pasar selalu mening­kat. Sehingga berimbas pada kenaikan harga.

Kegiatan Bazar diisi dengan 30 stand hasil produk petani, sehingga produk tersebut menjadi buruan para ibu-ibu yang berbelanja. Saat pelaks­anaan Bazar berlangsung diiringi dengan alunan musik Sunda sehingga membuat para konsumen betah dalam berbelanja.

”Bazar produk petani ini dilaksanakan selama satu hari, kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi kami dalam menyemarakan bulan suci Ramadhan,” ujar Hendy Jat­nika, saat sambutan di halaman Kantor Dinas Pertanian Ta­naman Pangan dan Hortikul­tura Provinsi Jawa Barat, Jln Surapati No 71, Bandung, Jumat (24/5).

Tidak hanya itu, kegiatan inipun merupakan bentuk kontribusi terhadap upaya pengendalian inflasi daerah berupa penyediaan barang kebutuhan masyarakat dengan harga murah.

”Ini adalah bagian kepedu­lian kami dari pemprov jabar terhadap petani dan masy­arakat selaku konsumen dalam menghadapi situasi hari raya Idhul Fitri yang biasanya har­ganya melonjak, suplai seolah-olah tidak ada dan sebagainya,” katanya

Hendy menjelaskan, kegia­tan bazar ini merupakan pro­gram kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pe­ternakan Jawa Barat untuk menjual Daging berkualitas di bazar tersebut.

”Bazar Ramadhan produk pertanian menyediakan ke­butuhan barang pokok dian­taranya beras, daging, minyak goreng sesuai harga yang ditentukan oleh pemerintah dan kebutuhan sayuran lain­nya seperti cabai, bawang kentang dll.

Dengan adanya bazar Ra­madhan produk pertanian ini diharapkan dapat memberi­kan manfaat bagi para peng­unjung dan peserta bazar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan