6 Atlet Difabel Siap Berlaga di Abu Dhabi

BANDUNG – Provinsi Jawa Barat menyumbangkan 6 atlet berkebutuhan khusus kepada kontingen Indonesia dalam ajang Special Olympic World Summer Games 2019 yang akan berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab yang akan berlangsung 8 sampai 12 Maret 2019.

Saat melepas atlet Spesial Olympic Indonesia (SOIna) Jawa Barat yang berlangsung di Ruang Rapat Panglayang Gedung Sate, Sabtu (2/2) lalu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan bahwa ke enam atlet ini merupakan orang-orang pilihan. Oleh sebab itu, baik dalam berlatih maupun bertanding harus bersemangat demi membawa nama baik Jawa Barat, terlebih Indonesia. “Pada saat latihan di pelatnas harus maksimal biar masuk tim inti, begitu juga ketika bertanding di Abu Dhabi,” ucapnya.

Dia juga membeberkan, pahlawan saat ini bukanlah pahlawan perang. Namun, pahlawan yang karena prestasi akademiknya atau olahraga. Maka dari itu, raih prestasi setinggi mungkin di ajang SOWSG 2019 dengan pulang membawa medali. “Musuh kita adalah diri sendiri, jadi lawan rasa takut mu, lawan rasa malas mu, lawan keraguan mu. Focus pada capaian,” bebernya.

Tidak hanya memberikan motivasi, Emil juga memberi dukungan untuk pembinaan atlet berkebutuhan khusus dengan menggelontorkan dana hibah Rp 1 milyar kepada Pengda Spesial Olympic Indonesia Provinsi Jawa Barat. “Tahun ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat support dana. Karena itu uang rakyat, saya kembalikan kepada rakyat, tugas kami hanya menjaga lalu lintas anggaran agar terdistribusi secara adil,” ungkapnya.

Perlu diketahui, keenam atlet Jawa Barat yang masuk dalam pelatnas Indonesia untuk ajang SOWSG 2019 Abu Dhabi, antara lain Desri Siti Chotimah, Heri Julfikri, M Dika Fajri Suryana, Almaida Jayanti Sukandar, Falma Thipal Fikriah, Agung Setiawan.

Special Olympic World Game dilaksanakan setiap 4 tahun sekali dan telah tergabung dalam International Olympics Committee (IOC). Special Olympic bermula saat diselenggarakannya olahraga musim panas bagi penyandang disabilitas intelektual di Chicago USA tahun 1968. Sebanyak 170 negara sudah tergabung dalam gerakan special olympic dan Indonesia masuk anggota pada 9 Agustus 1989

Sementara, Ketua Pengda SOIna Provinsi Jawa Barat, Srihartini Sucipto mengakatan sebelum bertolak ke Abu Dhabi, para atlet ini akan mengikuti pelatnas dari tanggal 4 sampai 7 Februari 2018. Kemudian tanggal 8 februari 2019 berangkat ke Abu Dhabi dan pulang tanggal 22 Maret.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan