5 Pusat Kebudayaan Akan Dibangun

BANDUNG – Untuk mengembangkan kebudayaan di Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) rencanannya akan mengembangkan 5 pusat kebudayaan.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jabar, Agus Hanafiah mengatakan, pusat kebudayaan tersebut dibangun sebagai bentuk untuk melestarikan ragam kesenian dan budaya daerah.

Dia mengatakan, pusat kebudayaan nantinya akan memiliki tiga peran utama dalam pelestarian kesenian dan budaya. Pertama, sebagai pusat pelestarian dan pemajuan, kedua sebagai pusat interaksi publik dalam pemanfaatan seni maupun pariwisata, ketiga sebagai ruang atraksi seni budaya.

’’Salah satu penyebab kepu­nahan seni budaya di Jabar adalah karena kurangnya ruang atraksi,” Kata dia ketika ditemui sebagai pembicara acara Japri di halaman Gedung Sate, Selasa (5/3).

Dia mengatakan, 5 daerah yang akan dibangun pusat kebudayaan di antaranya Ka­rangkamulyan di Kabupaten Ciamis, Ranggawulung di Kabupaten Subang, Kampung Pulo di Kabupaten Garut, dan Rancakalong di Kabupaten Sumedang.

Dia menuturkan, pembangu­nan pusat budaya tersebut juga merupakan bentuk upaya eksplorasi potensi budaya Jabar yang terbagi ke dalam tiga zona utama, yakni Sunda Latar Parahyangan, Cirebon, dan Melayu Betawi.

’’Untuk jumlah kesenian yang dimiliki sebanyak 243 buah,” cetus Agus.

Dia mamaparkan, pusat kebudayaan dibangun dengan arsitektur aspek lokal dan melibatkan para seniman dan budayawan setempat. Namun, untuk isi dan konsep masing-masing pusat kebudayaan, akan berbeda.

’’Jadi mulai konsep pembangunan, konsep bangunan itu sendiri, isian seperti apa, itu nanti lebih banyak diten­tukan oleh seniman, budaya­wan dan masyarakat yang ada di daerah itu,” jelas Agus.

Agus menambahkan, untuk daerah lainnya pembangunan akan segera direncanakan dalam lima tahun ke depan. Sehingga, pusat lebudayaan di Jawa Barat akan ada di 27 kota/kabupaten.

”Intinya selama lima tahun ini Insya Allah seluruh 27 ka­bupaten/kota akan terbangun pusat budaya,” jelasnya. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan