TTG Harus Diterapkan

CIPENDEUY – Banyaknya inovasi yang diciptakan dengan menggunakan Teknologi Tepat Guna (TTG) seharusnya diterapkan di masyarakat secara langsung. Sehingga, hasil dari Inovasi etrsebut memiliki manfaat.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan mengatakan, salah satu inovasi hasil karya masyarakat desa di Kabupaten Indramayu yaitu alat pemberi pakan otomatis tanpa mesin, mampu mengurangi ongkos kerja pada budidaya perikanan. Bahkan, alat pakan ternak mandiri kemungkinan satu-satunya di dunia.

“Ini harus diaplikasikan masyarakat Jabar ya karena potensi perikanan kita sangat besar, alatnya murah tapi manfaatnya besar,” kata Iriawan saat membuka Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) VIII Tingkat Jabar di Lapangan Kantor Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat kemarin. (8/8)

Iriawan memaparkan, seluruh inovasi yang dipamerkan pada gelar TTG ini semuanya bagus dan memiliki manfaat. Namun, karena acara ini merupakan lomba maka harus ada penilaian. Sehingga, inovasi yang diciptakan harus memiliki tepat guna, dan aman.

’’ Penilaiannya sendiri berasal dari LIPI dan BP2D Jabar mereka memutuskannya sebagai juara I inovasi TTG tingkat Jabar adalah inovasi kompor air dari Kabupaten Bandung dan juara III dari Kabupaten Bandung Barat dengan inovasi mesin pematang multi produk. Pemenang mendapatkan piagam penghargaan dan uang stimuli dari Rp 17 juta sampai Rp 25 Juta,’’jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Iriawan didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Jabar dan Ketua DPRD beserta Ketua Komisi I mengungkapkan, semua karya inovasi TTG yang ditampilkan layak untuk dipertarungkan di kancah nasional. Sebab, dengan Inovasi ibisa menjadi peningkatan daya saing perekonomian dan kesejahteraan.

“Saya lihat inovasinya sudah tingkat naisonal tadi saya lihat stand satu-persatu luar biasa sangat membanggakan karya masyarakat Jabar ini,” tutur Iriawan.

Iriawan menginstruksikan, kepada setiap kepala daerah baik Bupati/Walikota untuk memperhatikan dan mendukung inovasi dan kreativitas masyarakatnya baik dari segi pembiayaan maupun aksesnya. Sebab, dengan adanya teknologi tepat guna dapat menjadi solusi masalah ketika masyarakat membutuhkan peralatan yang pratis, murah dan sangat ramah lingkungan.

Melalui gelar TTG ini, Iriawan berharap akan mendorong masyarakat untuk terus berinovasi dengan menciptakan peralatan-peralatan yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari khususnya peralatan pertanian.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan