Pertandingan Bara Derby Beda Kota

FLORENCE – Jangan jadikan posisi di klasemen antara Fio­rentina dan Juventus sebagai patokan untuk bentrokan ke­duanya dini hari nanti. Saat ini, Juventus menempati posisi runner up dengan 59 poin. Bandingkan dengan La Viola yang terdampar di peringkat kesebelas dengan 31 angka.

Namun, bagi keduanya, tre punti pada pertandingan yang dihelat di Artemio Franchi nanti lebih berarti daripada hanya sekadar posisi di klase­men. Bahkan, tensi laga bisa dibilang setara dengan derby.

“Hal pertama yang saya pi­kirkan jelang lawan mereka adalah saat membobol gawang Gianluigi Buffon musim lalu saat masih berkostum Genoa (27/11/2016). Itu adalah hari terbaik dalam hidup saya, tidak hanya untuk karir pro­fesional. Saya akan mengu­langinya sekarang dan men­ghentikan laju Juve,’’ kata attacante Fiorentina Giovan­ni Simeone kepada Tuttosport.

Pernyataan putra dari pela­tih Atletico Madrid Diego Simeone itu merujuk kepada tren pertandingan Nyonya Tua yang belum terkalahkan dalam 15 laga di semua ajang. Bah­kan, Juve mencatatkan streak kemenangan di sepuluh pertandingan terakhir. Bagai­mana dengan Fiorentina? Mereka hanya meraih satu kemenangan dalam enam laga terakhir.

Apalagi, Juve juga lebih “ber­kepentingan” dengan tiga poin. Sebab, mereka hanya terting­gal satu poin dari Napoli yang menjadi capolista. Artinya, bila dini hari mereka menang, maka pucuk klasemen Parte­nopei bisa mereka kudeta.

Sebab, karena Marek Hamsik dkk baru melangsungkan gior­nata ke-24 mereka besok. Apa­lagi, lawan yang dihadapi Na­poli adalah Lazio. Sama halnya dengan Juve, Biancoceleste masih memiliki kans scudetto dan saat ini bertengger di posisi ketiga dengan 49 poin.

‘’Musim lalu, kami kalah 1-2 di sana (Artemio Franchi, Red). Laga nanti akan sulit tidak karena rivalitas dua klub yang selama ini mengakar dan me­reka seolah memiliki spirit tersendiri untuk mengalahkan kami,’’ ucap allenatore Juve Massimiliano Allegri dalam konferensi pers tadi malam.

Boleh saja pelatih 50 tahun itu fokus kepada laga dini hari nanti. Namun, dia juga harus cermat menyiasati jad­wal berat Juve. Sebab, dalam sepuluh hari, mereka men­ghadapi lawan krusial. Dimu­lai dari Fiorentina dini hari nanti, kemudian leg pertama 16 besar kontra Tottenham Hotspur (14/2), dan derby melawan Torino (18/2).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan