Peristiwa Kebakaran Kian Meningkat

SUMEDANG – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sumedang Asep Sudrajat, mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada tentang bahaya api yang menyebabkan kebakaran. Mengingat, intensitas kebakaran saat ini sangat tinggi.

Asep mengimbau, agar seluruh masyarakat di setiap rumah menyiapkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Alat Pemadam Api Tradisional (APAT) di setiap rumah.

“Sosialisasi sebagai kegiatan pencegahan awal. Bila terjadi percikan api di setiap lini, segera dicegah dan dilaporkan segera kepada petugas pemadam kebakaran,” katanya, kemarin (20/8).

Asep juga meminta, seluruh masyarakat untuk terus mencek beberapa hal yang selalu mengganggu dan merusak yang menyebabkan munculnya percikan api. Menurutnya, api kecil sangat berguna dan menjadi kawan dan bila besar menjadi lawan.

Asep menyebutkan, hingga Agustus 2018, bencana kebakaran di Sumedang lebih dari 45 kasus. “Dalam sepekan terakhir saja sudah tiga kasus kebakaran. Oleh sabab itu, kami mengimbau masyarakat agar senantiasa lebih waspada pada musim kemarau ini,” ujarnya.

Menurut catatan dinas, kasus kebakaran yang terjadi di Sumedang didominasi kebakaran rumah, disusul lahan perkebunan dan hutan.
“Salahsatu peran kami dalam menyikapi peristiwa kebakaran, lebih kepada memberikan bantuan pemadaman berkordinasi dengan BPBD dengan membantu korban kebakaran rumah berupa, pemberian logistik dan bantuan lainnya,” terangnya.

Selain itu, dia mengakui kedepan pihaknya akan lebih gencar melakukan sosialisai kepada masyarakat bagaimana mengantisipasi atau langkah preventifnya.

“Berdasarkan laporan dari data yang dihimpun, penyebab kebakaran yang telah terjadi masih didominasi oleh human error. Oleh karena itu, kami berikut pihak terkait lain akan terus berupaya dalam menekan angka peristiwa kebakaran di Sumedang,” tukasnya. (her)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan