Lima Desa Dapat Penghargaan Sadar Hukum

SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung raih peringkat dua dalam pengelolaan Jaringan Doku­mentasi dan Informasi Hukum (JDIH) se Jawa Barat (Jabar).

Penghargaan tersebut diberikan langsung Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum­ham) RI, Yasonna laoly pada acara Pemberian, Penghargaan dan Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum dan JDIH Award tahun 2018 di Gedung Sate Bandung, belum lama ini.

Kepala Bagian Humum Se­kretariat Daerah (Setda) Kabu­paten Bandung Dicky Anugerah mengatakan, penilian penghar­gaan anggota JDIH kabupaten/kota di Jabar meliputi delapan aspek dan 58 unsur.

’’Aspek organisasi ada tujuh unsur, sumber daya manusia (SDM) ada tujuh unsur, kol­eksi dokumentasi hukum ada delapan unsur, enam unsur pada aspek teknis pengelo­laan, sepuluh unsur pada aspek sarana dan prasarana, lima belas unsur pada aspek pemanfaatan teknologi infor­masi dan komunikasi, empat unsur pada aspek laporan akhir tahun dan satu unsur pada aspek inovasi dan layanan invormasi hukum,” jelas Dicky.

Selain menerima penghar­gaan JDIH, lanjut Dicky, Pem­kab Bandung juga dianugerahi Anubhawa Sasana Desa dari Kemenkumham. Tercatat lima desa dan dua kelurahan dite­tapkan sebagai desa/kelurahan sadar hukum 2018.

“Desa dan Kelurahan yang mendapatkan anugerah ada­lah Kelurahan Pasawahan, Desa Dayeuhkolot, Desa Ci­teureup dan Desa Cangkuang Wetan di Kecamatan Dayeu­hkolot. Desa Cikoneng Keca­matan Ciparay, Desa Cibodas Kecamatan Kutawaringin dan Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah,” paparnya.

Dirinya berpendapat, dengan ditetapkannya lima desa dan dua kelurahan di Kabupaten Bandung sebagai desa/kelu­rahan sadar hukum, berarti pemahaman masyarakat akan hukum sudah semakin tinggi.

“Artinya kami telah berhasil melakukan pembinaan dan kesadaran warga terhadap hu­kum juga sudah sangat besar. Tidak sampai disini saja, kami juga akan terus melakukan so­sialisasi kepada desa dan kelu­rahan lainnya, dengan tujuan seluruh desa/kelurahan di ka­bupaten Bandung sadar hukum,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Bandung H. Dadang M Naser, mengaku bangga atas segala prestasi yang telah dicapai Pemkab Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan