Komitmen Pemerintah Memajukan Daerah

Pemerintah terus berkomitmen melakukan pemerataan kesejahteraan. Melalui program Kampung KB, kesejahteraan diharapkan terdistribusi secara rata.

Program kampung KB merupakan salah satu program prioritas yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Dua tahun semenjak dirintis, Kampung KB terus bermetamorfosa baik dari segi sebaran maupun intensitas. Kali ini, Desa Sukalarang, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi dipilih menjadi titik sosialisasi sekaligus pembentukan Kampung KB.

Acara yang dilaksanakan pada Sabtu (25/8/2018) ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Teguh Santoso beserta Kepala OPD Kabupaten Sukabumi, Aisah.

“Dari kegiatan (Kampung KB) ini, kita bisa melakukan optimalisasi 8 peran keluarga. Dari delapan peran seperti fungsi agama, sosial budaya, reproduksi, ekonomi beserta fungsi lainnya, seharusnya kita bisa meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat, terutama di daerah-daerah yang selama ini dianggap kurang mendapatkan akses kesejahteraan.” Tutur Aisah.

Hal itu diamini oleh Teguh. Sebagai Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi, ia berharap kampung KB menjadi pemantik adanya mobilisasi sosial masyarakat di pedesaan.

“Kalau dulu desa lekat dengan keterbatasan akses kesejahteraan atau terkesan tertinggal, saya harap program (Kampung KB) ini bisa merubah kesan-kesan negatif tersebut. Maksudnya, masyarakat desa jadi maju dan sejahtera dengan adanya Kampung KB.”

Pada acara yang dimulai dari pukul 15.00 WIB tersebut, turut hadir Ribka Tjiptaning, Anggota Komisi IX DPR RI. Pada sambutannya ia menegaskan bahwa ia sangat mendukung program Kampung KB ini.

“Saya sangat antusias terhadap program-program semacam ini. Program KB wajib hukumnya. Sebab, hanya melalui program seperti ini, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia bisa terwujud. Kemajuan dan kesejahteraan harus terbagi rata, jangan hanya terjadi di kota saja.” Tegasnya.

Acara yang dihadiri oleh 300 orang peserta ini diakhiri dengan pembagian berbagai dorprize menarik yang dilakukan panitia. Masyarakat berebut menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan narasumber demi mendapatkan grandprize berupa smartphone.(*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan