Kodim Gelar Lomba Melukis

SUMEDANG – Upaya mewujudkan kemanunggalan ABRI dengan masyarakat, Kodim 0610/Sumedang menggelar lomba lukis dan karikatur yang digelar di Plaza Asia Sumedang, Selasa (21/8) lalu.

Kegiatan yang dibalut dengan program Komunikasi Sosial Kreatif (Komsos Kreatif) Tahun 2018, Kodim 0610/Sumedang mengusung tema “Melalui Kemanunggalan TNI-Rakyat, Kita Wujudkan Cegah Tangkal Radikalisme”.

“Tujuan program ini untuk menjalin komunikasi yang sehat dan harmonis, serta meningkatkan tali silaturahmi antara prajurit TNI dengan segenap komponen masyarakat dalam rangka mewujudkan cegah tangkal radikalisme,” kata Dandim 0610/Sumedang I Made Mertha Yasa SSos di sela-sela acara.

Bahkan menurut dia, melalui lomba lukis dan karikatur, akan menjadi ajang pencarian bakat warga Sumedang dalam bidang seni lukis. “Sebenarnya potensi seni lukis banyak dimiliki warga Sumedang, namun sayangnya sejauh ini seperti kurang terekspos. Sehingga keberadaannya seakan tidak diketahui masyarakat luas,” ujarnya.

Dengan acara tersebut, pihaknya mencoba menguak eksistensi para seniman lukis di Sumedang. “Para pemenang, nantinya akan kita pertandingkan kembali ke ajang tingkat yang lebih tinggi,” katanya.

Lomba melukis dan karikatur Kodim 0610/Sumedang ini, dilaksanakan selama empat jam, mulai dari pukul 09.00 sampai 13.00.
Lomba terdiri dari kategori pelajar, mahasiswa dan umum. Dua orang dewan juri dilibatkan untuk memberikan penilaian dari Dispora dan Asosiasi Pelukis Sumedang.

Adapun penilaian dalam lomba melukis, di antaranya ketepatan waktu (5 poin), kreatifitas (20 poin), perpaduan warna (25 poin), keindahan gambar (20 poin), kebersihan dan kerapian (5 poin) dan kesesuaian tema (25 poin).

Sedikitnya 50 orang mendaftar dalam perlombaan ini. Pengumuman pemenang, dilaksanakan langsung setelah selesai kegiatan melukis tersebut.Selanjutnya bagi juara 1 dan 2 akan diberangkatkan ke tingkat Korem. (nur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan