Kampanye Peduli Ginjal, Tingkatkan Kualitas Hidup Sehat

BANDUNG – Dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia yang jatuh pada tanggal 8 Maret, RSKG Ny. R.A. Habibe Bandung melaksanakan kegiatan Kampanye Peduli Ginjal di daerah Dago Car Free Day, Minggu (11/03).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pasien-pasien yang rutin melakukan cuci darah di RS, Direktur RSKG Habibie, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung, dokter spesialis, dan beberapa sektor perbankan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan yang rutin dilakukan seriap tahun ini, semua pihak mengajak untuk mempromosikan pentingnya ginjal dan pencegahan penyakit ginjal bagi semua kalangan. Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Apabila fungsi ginjal sudah bermasalah, maka seseorang dapat mengalami gagal ginjal. Untuk pengobatan Hemodialisis tidak bisa dilakukan hanya sekali, tetapi harus secara terus menerus dengan biaya yang tidak sedikit.

Beruntunglah sekarang sudah ada Program JKN-KIS, pengobatan hemodialisa pasien cuci darah bisa dicover oleh BPJS Kesehatan. “Kami mengajak semua masyarakat untuk menjadi Peserta JKN selagi sehat, jangan tunggu sampai sakit dulu. Selain itu, rutinlah membayar iuran karena kalau sudah sakit, mahal. Untuk masalah ginjal saja, satu orang yang rutin cuci darah dibantu oleh 250 orang sehat”, tutur Herman Dinata Mihardja, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur RSKG Habibie, Qania Mufliani, juga menjelaskan bahwa sampai saat ini pasien hemodialisa terus meningkat. “Untuk di RSKG Habibie sendiri saat ini ada sekitar 350-an pasien yang rutin melakukan cuci darah satiap bulan. Keberadaan Program JKN-KIS sangat membantu mereka yang membutuhkan, karena sampai saat ini belum ada asuransi swasta yang mengcover rawat jalan hemodialisa”, jelas Qania.

Partisi kesehatan dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan bahwa ginjal memang bukan penyakit menular, namun seiring waktu tranding-nya semakin meningkat dan banyak menyerang kalangan muda. Faktor utama karena lifestyle yang tidak baik. Oleh karena itu, melalui kegiatan Kampanye Peduli Ginjal harapannya semua kalangan dapat berpartisipasi dalam pencegahan dan pengendalian gaya hidup, agar terhindar dari penyakit ginjal kronis. Salah satu caranya dengan meningkatkan upaya promotif dan preventif hidup sehat. (rm)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan