Guru Harus Mampu Hadapi Tantangan Abad-21

SEIRING majunya zaman dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang luar biasa serta arus komunikasi yang semakin cepat, dalam hitungan detik dan sekali sentuh, segala bentuk komunikasi dapat dilakukan hingga seolah dunia begitu sempit. Begitulah perkembangan masyarakat dunia pada umumnya dan masyarakat pada khususnya yang pada kenyataannya sudah memasuki globalisasi, yang ditandai dengan cepatnya informasi sebagai kelanjutan dari masyarakat modern dengan ciri-cirinya yang bersifat rasional, berorientasi ke depan, terbuka, menghargai waktu, kreatif, mandiri dan inovatif.

Masyarakat sebagai suatu organisasi kehidupan tidak luput dari perkembangan zaman. Penguasaan terhadap teknologi yang mampu menggunakan dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya sebatas itu, masyarakat semakin memiliki jiwa kompetisi, rasa ingin tahu yang besar dan adanya inisiatif serta mampu mengubah tantangan menjadi peluang. Dengan canggihnya teknologii, masyarakat semakin mudah dalam memecahkan masalah bahkan teknologi menjadi corak dalam kehidupan bermasyarakat. Merembahnya teknologi dalam segala lapisan masyarakat menyebabkan masyarakat sadar akan kemajuan dan IPTEK

Dari keadaan ini, keberadaan suatu bangsa dengan bangsa lainnya menjadi satu dalam bidang sosial, budaya, ekonomi dan lain sebagainya. Itulah lukisan bagaimana keadaan pada abad 21, abad yang segera akan kita hadapi dengan berbagai kecanggihan dalam bidang teknologi. Sebagai manusia, perkembangan tidak mungkin untuk dihindari atau bahkan dihapuskan tetapi harus dihadapi dan digunakan sebaik-baiknya segala bentuk kemajuan teknologi yang telah mampu diciptakan karena hakikat dari pembentukan teknologi guna meningkatkan kesejahteraan manusia.

Masa depan yang penuh keunggulan itu selanjutnya akan mempengaruhi dunia pendidikan baik dari sisi kelembagaan, materi pendidikan, guru, metode, sarana prasarana dan lain sebagainya, dan hal tersebut menjadi tantangan yang harus dijawab oleh dunia pendidikan. Pendidikan disesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada, begitu pula dengan guru yang memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Sosok guru juga disesuaikan dengan kebutuhan zaman.

Masalah pendidikan sebagai dasar kehidupan seseorang dalam menampakkan langkah menjadi hal yang tidak luput mengalami perkembangan. Masalah pendidikan yang menjadi sorotan yaitu mengenai mutu pendidikan yang senantiasa berubah dengan berkembangnya peradaban. Mutu pendidikan yang termasuk dalam golongan rendah. Dalam hal pendidikan, mutu tidak pernah lepas dari siapa yang mengajar, sehingga tidak lain adalah guru.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan