Gencarkan Kampung KB di Desa Bumi Wangi

BANDUNG – Acara sosialisasi sekaligus peresmiaan kampung KB di desa bumi wangi kecamatan ciparay dihadiri oleh perwakilan dari Badan Kependudkan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat beserta Perwakilan dari Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBPPPA) Kabupaten Bandung.

Kegiatan dilaksanakan di desa Dumi Wangi mewakilan Kecamatan Ciparay yang diadakan di lapangan Komplek Bumi Wangi Regensi Desa Bumi Wangi pada Kamis, (30/8)

Staf Ahli Anggota DPR RI Dede Yusuf Macan Efendi Komisi IX Saeful yang membuka acara tersebut mengatakan, Komisi IX selalu bermitra dengan BKKBN. Sebab komisi X membidangi masalah kesehatan dan kependudukan.

Menurutnya, pencanangan kamoung KB yang sudah dilakukan pemerintah saat ini sudah banyak memiliki berbagai kemajuan pesat. Sebab, dengan adanya kampung KB warga desa diajak untuk bersosialisasi untuk meningkatkan perannya dalam kehidupan bermasyarakat.

Dengan begitu, kampung KB merupakan sinergi lintas sektor diberbagai bidang yang diperuntukan membina keluarga sejahtera dan mencetak manusia unggul dan berkualitas. Sebab, kampung KB tidak melalu membicarakan kontrasepsi saja, tetapi masalah kesehatan, pendidikan, dan ekonomi warga.

Ditempat sama perwakilan dari BKKBN Jabar Pintatuli mengatakan, tujuan adanya kampung KB sebetulnya bukan untuk membatasi pertumbuhan penduduk saja. Namun, pemeritah bertanggung jawab atas kesehatan keluarga agar tercipta ketahan keluarga.

Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Bumi Wangi agar lebih mengenal program keluarga berencana. Hal ini, penting dilakukan agar dengan mengikuti program KB warga akan lebih mengetahui manfaat dari KB.

’’Program kampung KB adalah perwujudan nyata sebagai sikap pemerintah dalam mewujudkan program nasional Nawacita dengan prioritas membangun Indonesia dari daerah pinggrian yaitu ditingkat desa,”kata Pinta.

Selain itu, Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat adalah sebuah program dari BKKBN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Pinta menambahkan, dibentuknya Kampung KB memiliki latar belakang yaitu, untuk menyuarakan Program KB agar selalu diingat oleh masyarakat seperti pada era Orde Baru.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan