Dishub Pasrah Hadapi Kemacetan

CIMAHI – Minimnya saraan infrastruktur dan tidak sebanding dengan jumlah kendaraan yang ada menyebatkan kondisi jalan raya di Kota Cimahi selalu terjadi kemacetan. Bahkan, pada jam-jam sibuk volume kendaraan memadati jalan raya akan semakin bertambah.

Menanggapi Hal tersebut, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi Ruswanto mengatakan, pihaknya hanya bisa mengoptimalkan infrastruktur yang ada untuk meminimalisir kemacetan. Bahkan, sering juga dilakukan rekayasa jalan utnuk mengurangi kendaraan menumpuk pada satu jalur.

Dirinya mencontohkan, rekayasa dilakukan diberbagai tempat di antaranya, Jembatan leuwigajah diberlakukan pembatasan waktu angkutan barang dan di Cihanjuang sistem satua arah pada waktu waktu tertentu.

’’ Ini sudah kami lakukan dan jangan mengharapkan lancar kalau infrastruktur tidak tertata,’’ jelas Rusmanto ketika ditemui  belum lama ini.

Dirinya menuturkan, jika mengacu kepada undang undang lalu lintas Pasal 7 ayat 2 tentang penyelenggaraan lalu lintas oleh pemerintah. Maka,  penyelenggaraannya dilakukan oleh instansi masing masing sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Sehingga, pemeliharaan yang meliputi pengurusan di bidang jalan dilakukan oleh kementerian negara atau dinas PU.

Selain itu, pengembangan industri lalu lintas dan angkutan jalan oleh kementrian industri. Urusan di bidang pengembangan teknologi lalu lintas dan angkutannya oleh kementerian yang bertugas dibidang pengembangan dan teknologi. Urusan dibidang registrasi, identifikasi kendaraan bermotor dan pengemudi, penegakan hukum, oprasional manajemen dan rekayasa lalu lintas serta pendidikan berlalulintas oleh Kepolisian RI.

’’ Jadi Kalau Dishub hanya mengurus di bidang sarana prasarana lalu lintas dan angkutan jalan saja,’’ terangnya.

Untuk itu, dalam rangka mendukung kelancaran berlalu lintas, Ruswanto meminta agar berbagai pihak untuk ikut membantu dengan melibatkan peran instuitusi terkait dan dinas dengan cara ikut melakukan sosialisasi terhadap pengguna jalan.

Disinggung menganai strategi untuk mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di Kota Cimahi selain rekayasa dia mengungkapkan, bersama instansi terkait pihaknya akan segera menambah berbagai fasilitas dan sarana untuk kendaraan di jalan raya.

’’ Kita akan membangun Flyover Padasuka. adalah salah satu alternatif yang bisa mengurangi intensitas kemacetan Cimahi,’’jelas dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan